Cara pengaplikasian perusahaan trading ke program accurate

Perusahaan trading adalah perusahaan jual beli barang atau jasa yang tidak melalui proses lagi, baik itu proses produksi. Usaha ini banyak peminatnya sehingga kita bisa melihat dari pasar ekonomi yang ada. Transaksinya bisa dicatat ke dalam program accurate dekstop yaitu accurate 5 standart edition.

Untuk perusahaan trading barang biasanya dibutuhkan pengontrolan stok. Di accurate harus didaftarkan sebagai item dari modul Persediaan – Barang dan Jasa dan nanti klik baru. Karena ini merupakan stok maka tipe barang yang harus dipilih yaitu Persediaan (invnetory part).

Setiap barang atau jasa yang ingin didaftarkan ke dalam master stok accurate harus memiliki kode. Masukkan kode tersebut ke dalam no. barang dan untuk nama barangnya masukkan ke dalam keterangan. Jika barang tersebut sudah memiliki kuantitas saat transaksi mau diaplikasikan ke program accurate maka isi dibagian kuantitas yang ada di bawah saldo awal dan wajib diisi modalnya dibagian harga/unit. Satuan barang dimasukkan ke dalam kolom unit.

Untuk mendaftarkan nama jasa sebagai masternya di dalam accurate software maka tipe barang yang dipilih yaitu non persediaan (non inventory part). Dibagian akun-akun harus diatur akun bebannya karena akun ini berfungsi untuk menjurnal sebagai pendebit pada saat transaksi pembelian jasa tersebut dilaukan. Berbeda dengan penginputan master barang, pada saat master jasa diinput pada bagian saldo awal tidak muncul lagi.

Untuk memasukkan master pelanggan dan pemasoknya dari modul Daftar yang ada disebelah kiri. Dari sini juga bisa melakukan pengeditan, penghapusan master (hanya untuk master barang yang belum ada transaksinya), bahkan melihat piutang ataupun hutang dari pelanggan atau pemasok tersebut.

Setelah master-master selesai diinput maka untuk memasukkan data penjualan dilakukan dari modul Penjualan – faktur penjualan. Pilih nama pelanggannya dan nama barangnya. Sesuaikan lah kuantitas barang yang mau dijual dan input harga jualnya (jika ada otorisasi untuk perubahan harga jual). Jika diinginkan untuk ngeprint bukti penjualan nya maka dibagian atas sebelah kanan ada tombol printnya.

Dan untuk penginputan pembelian bisa dilakukan dari modul Pembelian – Faktur Pembelian. Isilah data-data yang diperlukan lalu klik tombol simpan.

Masih penasaran program kita? Anda juga bisa mengundang kita untuk demo ke tempat Anda dengan mengisi form : Demo.

Close Menu