Cara Mengelola Piutang untuk Tingkatkan Kas

arus kas

Tingginya persaingan di dalam bisnis membuat perusahaan menawarkan kemudahan pembayaran. Agar dapat menjadi daya tarik kepada Pelanggan. Salah satu caranya dengan memberikan piutang kepada pelanggan dengan masa kredit atau termin yang lama. Tentu hal ini akan berdampak kepada arus kas perusahaan. Dikarenakan perusahaan harus mengelurkan dana terlebih dahulu atas penjualan barang dagangannya.

kelebihan piutang kepada customer akan memperburuk arus kas perusahaan. Sehinggan perusahaan memerlukan modal yang besar. salah satu untuk mengelola dana yang baik yaitu mengurangi umur piutang. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan pengusaha untuk mengurangi resiko piutang yang dapat memperburk arus kas anda.

Penjualan Tunai

walaupun agak sulit, Anda dapat melakukan penjualan tunai dengan memberikan diskon khusus. Sehingga Pelanggan anda akan tetap tertarik untuk membeli secara tunai.

Bayar Di Muka

Anda bisa meminta uang muka pada pelanggan. cara ini dapat menambah arus kas anda dan mengurangi jumlah piutang pelanggan.

Syarat Piutang

Buruknya arus kas bisa saja di pengaruhi oleh lamanya jangka waktu pembayaran piutang. Misalnya sampai 90 hari. Perusahaan dapat melakukan negoisasi kepada pelangan untuk mengurangi masa kreditnya dengan memberikan diskon sebelum tanggal jatuh tempo. anda juga dapat memberikan potongan.

Diskon & Bonus

memberikan diskon kepada pelanggan agar bisa membayar piutang lebih cepat. Selain dapat meningkatkan arus kas. Dapat juga membuat pelanggan anda loyal dan kerja sama untuk jangka panjang.

Background Check

sebelum memberikan piutang kepada pelanggan. Ada baiknya anda melakukan Background Check terhadap pelanggan tersebut. Dengan begitu perusahaan dapat mengurangi resiko piutang tak tertagih dan memperlancar dana perusahaan anda

Jadwal Penagihan

Jadwalkan penagihan secara berkala agar pembayaran piutang customer bisa tepat waktu. Sebagai contoh termin pembayarannya selama 30 hari. Maka anda dapat menjadwal penagihan setiap tanggal 15, 20 dan 28. Agar customer anda tidak lupa atau segera membayar piutangnya.

arus kas

Hal tersebut di atas merupakan beberapa cara yang di dapat dilakukan pengusaha. Agar dana dapat berjalan dengan lancar. Sehingga dapat mempermudah perusahaan dalam mengambil keputusan untuk perkembangan bisnis.

 

 

 

Close Menu