Cara Konsolidasi database Pada Program ACCURATE

Konsolidasi database ACCURATE

Konsolidasi adalah penggabungan antara dua database accurate yang biasanya dilakukan oleh database cabang ke database pusat. Pada program ACCURATE dilakukan hanya untuk melihat laporan keuangan dari gabungan dua database. Hal yang biasanya dilihat yaitu laporan Neraca dan Laba rugi. tetapi kondisinya hanya sebatas melihat laporannya saja bukan untuk dilanjutkan pada transaksi trasaksi berikutnya. Untuk cara penggabungan database pada accurate bisa dilakukan dari menu berkas| Impor Jurnal. Selanjutnya silahkan dipilih untuk nama database yang akan dilakukan proses penggabungan database. Sebelum anda melakukan proses penggabungan database. ada beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti :

  • Daftar akun dari kedua database harus sama.
  • Jika anda ingin melakukan konsolidasi Jangan dilakukan pada database asli. Anda bisa gunakan database yang sudah anda copy saja. Hal ini dilakukan agar untuk melihat bagaimana hasil laporannya, sehingga tidak mempengaruhi database asli jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Kondisi ketika anda melakukan penggabungan database pusat dan database cabang adalah sebagai berkut :

  1. Jika anda ada menambahkan akun baru pada database cabang dan anda tidak menambahkan akun juga ke database pusat. Dan sebelum konsolidasi anda ada melakukan transaksi dengan akun tersebut, Maka akun tersebut mempunyai saldo. Perlakuannya ketika di konsolidasi akun tersebut akan menambah ke database pusat tetapi dengan saldo nol.
  2. merger account pada Impor Jurnal dapat digunakan jika terdapat kasus yang seperti: Database Pusat memberi pinjaman berupa uang kepada cabang. Pinjaman tersebut dijadikan sebagai piutang internal, sehingga pada saat anda melakukan konsolidasi, nilai dari piutang cabang tersebut akan otomatis memotong. Dan menjadikannya nilai nol, jadi kasus tersebut tidak termasuk juga di hitungan. kemudian apabila tidak ada kasus tersebut, merger account ini dapat anda abaikan saja.

Catatan : Jika anda sudah selesai dalam proses konsolidasi untuk melihat laporan antara kedua database gabungannya segerakan anda malakukan undo impor jurnal. Cara Undo Impor Jurnal yaitu dari menu berkas | Pilih Undo Impor Jurnal | Selanjutnya Pilih nama databasenya.

Close Menu