Cara pencatatan pelanggan baru di Accurate Software

Untuk Anda yang sudah menggunakan program accurate tapi tidak tahu cara menginput pelanggan baru maka melalui artikel ini saya akan informasikan.

Adapun cara pencatatan pelanggan baru yaitu :

1. Masuk ke Daftar – Pelanggan.

2. Akan muncul nama-nama pelanggan yang sudah terimput ataupun terimport. Klik Baru disebelah kiri atas.

3. Masukkan data-data mulai dari kode pelanggan, nama pelanggan, alamat, alamat pajak, kota, negara, telepon dan lain-lain pada bagian tabulasi “Alamat”

4. Pada bagian tabulasi “Termin, dll” masukkan termin, batasan piutan dan lain. Termin disini berfungsi untuk menginformasikan berapa lama jatuh tempo faktur terhadap pelanggan baru Anda. Batasan piutang ini merupakan platfom untuk piutang pelanggan baru Anda. Batasan piutang ada 2 jenis yaitu faktur beredar dan nilai piutang. Dan batasan piutang ini bisa diatur bersamaan. Pada bagian “Lain” untuk mencatat saldo awal piutang pelanggan baru Anda.

5. Padabagian tabulasi “Penjualan” untuk mengisi Pajak 1 dan Pajak 2, No NPWP, tingkatan harga jual dan diskon default ketika ada penjualan untuk pelanggan baru ini maka diakui diskonnya sebagai diskon faktur. Pajak 1 dan pajak 2 ini gunanya jika ada penjualan terhadap pelanggan baru tersebut maka dikenakkan pajak dan biasanya pajak 1 diisi dengan PPN seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya : Kode Pajak.

6. Dan untuk tabulasi lain boleh diinput dan boleh juga diabaikan. Setelah selesai lalu klik Oke.

Yang perlu diperhatikaan pada saat input pelanggan baru ini yaitu pajaknya. Karena hal ini berkaitan dengan pengeksport ke efaktur yang dari Kantor Direktorat Jendral Pajak. Jika memungkinkan kenak pajak maka alamat pajak harus diisi sesuai data pajak dari pelanggan tersebut. Begitu juga untuk nomor NPWP pelanggannya.

Jadi jika suatu saat ada faktur penjualan untuk pelanggan baru tersebut tidak kenak pajak maka tidak perlu dilakukan perubahan master pelanggannya. Cukup pada bagian atas di pencatatan faktur penjualan yaitu “Cust is Taxable” nya di uncentang. Oleh karena itu pencatatan faktur penjualan ketika dikenakan ppn maka semua barangnya dinyatakan kenak pajak juga, tidak boleh sebahagian saja.

Untuk pemesanan program accurate bisa menghubungi saya Desi via WA : 085370838199.

Close Menu