Pencatatan transaksi di perusahaan kelapa sawit

Perusahaan kelapa sawit merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan yang menghasilkan buah TBS dan yang nantinya diproduksi menjadi minyak CPO.

Perkebunan kelapa sawit ini bermodalkan dari sebidang lahan, pohon kelapa sawit berserta perawatannya. Ketika pohon kelapa sawit ini ditanam, TBS tidak bisa langsung dihasilkan. Penanamannya perlu waktu 5 tahun. Dan jangka waktu penghasilan TBS nya selama 20 tahun. Usaha ini sangat menjanjikan karena masa panen dilakukan dalam 2 minggu sekali.

Adapun pencatatannya dikontrol mulai dari proses penanaman, pembelian bibit, dan perawatannya. Untuk perawatannya biasanya pemilik perusahaan menginginkan dikontrol perbloknya. Dan di accurate bisa di kontrol stok pupuknya serta pemakaian perbloknya. Dimana blok-blok kebun dianggap proye general. Dan ketika pohon tersebut sudah menghasilkan TBS, nilai pendapatannya juga bisa dikontrol per bloknya.

Setelah pohon kelapa sawit ini sudah memasuki masa tanaman menghasilkan, maka nilainya biasanya dimasukkan menjadi aset yang nantinya akan dilakukan penyusutan selama 20 tahun. Jadi sebelum memasuki masa tanaman menghasilkan, semua nilai yang keluar di program accurate dialokasikan ke akun yang tipenya aktiva lancar lainnya. begitu juga untuk pemakaian pupuknya. Dan setelah menghasilkan dimasukkan ke modul aktiva tetap.

Input data-datanya begitupun untuk tanggalnya. Tanggal beli merupakan tanggal pengakuan jurnal aktivanya. Sedangkan tanggal pakai merupakan tanggal mulai perhitungan penyusutan aktiva nya. Dibagian pengeluarannya masukkan akun aktiva lancar lainnya yang Anda masukkan sebelumnya untuk menampung nilai masa tanaman belum menghasilkan. Dan untuk nilainya Anda bisa dapatkan dari daftar akun. Inputlah masa penyusutannya dan jugan akun aktiva, akun akumulasi penyusutannya, dan akun biaya penyusutannya.

Setiap akhir bulan Anda lakukan proses akhir bulan dari Buku Besar – Proses Akhir Bulan. Hal ini berguna untuk melakukan penjurnalan terhadap biaya penyusutannya sesuai metode penyusutan dan umur penyusutannya.

Untuk penginputan penjualan TBS nya jika ingin mengetahui dari blok mana maka dikolom proyek tinggal pilih bloknya dimana sebelumnya input terlebih dahulu nama blok dari Daftar – Proyek – Baru dan pilih General. Disamping itu, dari kesuluruhannya Anda bisa lihat laporan laba/rugi per blok.

Anda bisa mencoba program accurate ini dengan gratis dari link : accurate deluxe.

Close Menu