5 Cara Mudah Mengelola Persediaan Barang dalam Bisnis

 

Persediaan Barang dalam Bisnis merupakan bagian terpenting sebuah perusahaan. Semakin lama barang tersimpan di gudang tentu barang akan lebih mudah rusak. Namun apabila barang digudang telah habis maka akan menyebabkan hilangnya pelanggan. Untuk perlu lah manajemen  untuk mengatur alur masuk dan keluarnya barang. Dan bisa meminimalisir kerugian. Berikut akan dijelaskan beberapa cara untuk mengelola stok yang tepat

persediaan
persediaan

Lakukan Perencanaan & Proyeksi Persediaan

stok berlebih atau kurang dapat merugikan perusahaan. Untuk itu Perlukah lakukan Perencanaan dan Proyeksi. Dengan begitu dapat memperkiran Stok minimum dari setiap barang di gudang dan akan menjadi tolak ukur saat akan melakukan pemesanan barang.

Pahami Sistem Persediaan

Banyak pengusaha yang tidak memahami sistem stok barang sehingga barang terlalu lama di gudang melebihi kadaluarsa. Sehingga menyebabkan kerugian atas barang kadaluarsa ataupun rusak. Untuk itu perlu mengetaihui perpetual atau periodik. Perpetual setiap barang keluar dan masuk akan dicatat ke pembukuan. Sementara periodik akan menghitung jumlah stok pada saat akhir bulan untuk dicatat ke pembukuan.

Tentukan Standard Operating Procedure

Sudah sepatutnya Stok perlu diawasi baik perusahaan kecil ataup pun besar. Anda bisa saja memperkerjakan pegawai untuk memegang jabatan tinggi seperti manager atau supervisor. Untuk mengontrol jalannya prosedur stok. Seperti SOP barang masuk dan keluar, Sop laporan ketersediaan stok, SOP Perencanaan pembelian sehingga akan mengurangi kesalahan dan pencatat. Sehingga akan mengurangi resiko kelebihan ataupun kekurangan stok.

Buat Jadwal Persediaan

Untuk mengelola stok dalam gudang diperlukan Jadwal . Perusahaan perlu menentukan  jadwal persedian. Seperti waktu utk melakukan pembelian. Jadwal Stock Opname dan kadaluarsa

Hitung Anggaran Stok

Hitung dana yang dihabiskan untuk membeli Barang. Begitu juga Harga Pokok Penjualan dan harga jual barang tersebut. Sehingga jika barang laku terjual bisa tau berapa pendapatan yang didapat.

persediaan
persediaan

Dari manajemen cara di atas akan mengurangi resiko kerugian perusahaan dalam mengelola Stok. Selain itu anda dapat dibantu juga oleh software yang dapat mengonrol Stok. Accurate salah satu program stok yang sudah terintregasi sampai ke pembukuan. Dan Fitur lain yang dapat membantu kinerja pegawai anda

Di Accurate terdapat fitur stok barang, perhitungan HPP persediaan, minimum order, serial number produksi, kadaluarsa dan control . Dengan begitu data persediaan anda akan lebih mudah terkontrol karena sudah terprogram dan data tersimpan dengan rapi.

Close Menu