Edit Jumlah Terbilang (Say) pada Faktur Penjualan setelah Dipotong Uang muka

Edit Jumlah Terbilang (Say) pada Faktur Penjualan

Perusahaan anda adalah perusahaan yang menggunakan program Accurate. Sistem operasional di perusahaan anda adalah perusahaan yang menerima uang muka dari pelanggan. Biasanya pelanggan memberikan uang muka dan di anggap sebagai deposit oleh sebagian pelanggan. Diangap deposit karena pelanggan memberikan uang dengan jumlah tetapi masih belum tahu akan memesan barang apa kepada perusahaan anda. Sehingga anda akan meminta bantuan kepada bagian support program accurate untuk mengedit form faktur penjualan. agar uang muka bisa langsung mengurangi nilai faktur yang harus dibayarkan oleh pelanggan yang memberikan uang muka tersebut.

Sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah untuk program Accurate, karena program Accurate sudah dirancang khusus sesuai dengan SOP perusahaan pada umumnya. Tetapi ada satu hal yang biasanya dipermasalahkan oleh pelanggan, karena Jumlah faktur dengan bilangan (say) Faktur penjualan akan berbeda nilainya. Karena kalimat pada Terbilang (say) akan mengikuti dengan jumlah faktur sebelum dikurangi uang muka. Sehingga perlu meminta bagian support untuk mengubahnya agar nilai terbilang (say) sama dengan nilai faktur setelah dikurangi dengan uang muka. Maka cara yang harus dilakukan untuk mengubah kalimat terbilang (say) sesuai dengan nilai faktur setelah dikurangi uang muka. Adalah sebagai berikut ini :

  • Silahkan masuk ke Database program Accurate. Lalu klik ke menu pengaturan | Rnacangan Formulir, lalu silahkan pilih form template faktur penjualan yang sudah di edit dengan uang muka tersebut.
  • Selanjutnya Klik tombol Desain.
  • Pada tampilan Desain, Lalu pilih menu File | “Data Dictionary”.

  • Pada folder Invoice, Silahkan pilih variabel “Say”
  • Perhatikan dibawahnya Ada kotak Expression, silahkan hapus dan copy dengan kata berikut ini: “SayIt( [Invoice Amount] – [Down Payment] )” (Tanpa tanda petik 2)

  • Jika sudah di copy selanjutnya silahkan di simpan Kalau sudah silahkan di-save.

NB : Sebaiknya hubungi ke bagian support program Accurate jika ingin merubah form rancangan mulai dari Pesanan pembelian (PO), faktur pembelian (PI), Retur Pembelian, Pesanan Penjualan (SO), Pengiriman Pesanan (DO) dan Faktur Penjualan(SI). Karena semua rancangan tersebut kalau salah rumus jumlah maka akan rusak dan harus dibuat ulang.

Close Menu