Cara mengetahui jurnal transaksi yang diinput

Jurnal transaksi merupakan suatu tindakan pendebitan atau pengkreditan antara akun-akun rekening akuntansi.

Hal ini sangat penting untuk pencatatan pembukuan guna menentukan posisi laporan keuangan.  Oleh karena itu,  setiap program akuntansi harus memiliki dasar akan hal itu. Pada program accurate, daftar akun ditentukan dari tipe akun nya bukan melalui no akunnya seperti yang ditentukan pada materi akuntasi manual pada dasarnya.

Pencatatan transaksi penjualan, pembelian, pengeluaran kas sudah terjurnal secara otomatis . Adapun hasil jurnalnya bisa Anda lihat dari laporan keseluruhan jurnalnya. Seperti yang ada ditampilan berikut ini :

Namun pada saat Anda melakukan transaksi, hasil jurnalnya bisa langsung Anda lihat setelah melakukan penyimpanan dan Anda view kembali transaksinya. Nanti dibagian atas akan ada tombol gambar buku 2, dari situlah untuk melihat jurnalnya.

Program accurate bisa membantu Anda melihat laporan keuangan secara real time, cukup dengan mengatur tanggalnya saja. Begitu juga untuk hutang, piutang, dan stoknya. Dengan begitu Anda bisa menentukan kebijakan apa yang harus Anda ambil dengan sajian laporan yang dihasilkan dari laporan Accurate.

Untuk modul penjualan ataupun pembelian, jurnal yang terbentuk dari hasil pengaturan akun barang dan akun mata uang yang ada di Persiapan – Preferensi. Untuk pembahasan akun bisa Anda lihat dari artikel sebelumnya : akun accurate.

Accurate software juga bisa membantu Anda dalam mengontrol pajak PPN beserta membantu Anda mempermudah dalam mengupload pajak masukan dan pajak keluaran. Untuk akun perkiraan pajak masukan dan pajak keluarannya bisa Anda atur dari akun kode pajak seperti yang ada di tampilan berikut ini :

Dan untuk laporan rekonsiliasi pajaknya bisa Anda lihat dari Laporan Keuangan – Laporan Pajak – Rekonsiliasi PPN Lebih/Kurang Bayar. Dari situ akan dijabarkan faktur-faktur yang menjadi dasar nilai PPN masukannya dan faktur dari PPN Keluarannya. Sehingga terhitung nilai yang harus dibayarkan.

Sedangkan untuk dihubungkan dengan efaktur, Anda terlebih dahulu harus dilakukan export dari program accuratenya lalu nanti di program accurate yang dari kantor Direktorat Jendral Pajak, Anda melakukan import tergantung transaksinya. Setelah semua sudah oke, Anda bisa melakukan upload PPN.

Untuk informasi lebih lanjut tentang keseluruhan jurnal accurate, bisa Anda konsultasikan ke email : desy@myabcshop.com

Close Menu