Pembelian Aktiva Tetap Baru Dari Faktur Pembelian

Pencatatan Aktiva Tetap dari Faktur Pembelian

Perusahaan perusahaan besar selalu memiliki beberapa aktiva. Misalnya Mobil dinas, Perangkat komputer, dan kalau di rumah sakit biasanya alat alat medis di anggap sebagai aktiva. Aktiva aktiva tersebut akan di catat untuk dikeluarkan biaya penyusutannya tiap bulan. Jadi jika anda sudah menggunakan program Accurate, bagaimana pencatatannya di program Accurate ?? Mengenai hal ini Anda tidak perlu bingung karena pencatatan aktiva sangat lah mudah dan pencatatannya ada di modul utama yang ada di program Accurate. Ada beberapa cara penginputan Pembelian Aktiva di program Accurate. Salah satunya yaitu penginputannya melalui Faktur pembelian (Purchase Invoice).

Contoh kasus :
Perusahaan anda akan membeli Mobil dinas seharga Rp. 230.000.000, dan dibayar secara lunas oleh perusahaan, jadi Jika anda ingin membuat transaksinya dari faktur pembelian maka ada beberapa Hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu, sebagai berikut :

  • Siapkan satu Akun penampung untuk transaksi aktiva dengan tipe akun “Aktiva Lancar Lainnya”.
  • Buat keterangan nama akunnya dengan “Transaksi Aktiva Tetap” (Buat sesuai dengan kebutuhan perusahaan).
  • Lalu buat kan satu nama barang untuk penampung dengan tipe persediaan “Non Inventory Part”.
  • Karena disini perusahaan membeli mobil makan anda bisa buat nama barangnya dengan nama “Mobil Dinas”.
  • Setting semua Akun akunnya ke akun Transaksi aktiva Tetap yang sudah dibuat pada poin pertama, tetapi untuk akun belum tertagih harus tetap pada akun Persediaan Barang Belum Tertagih.

Jika poin poin diatas sudah anda lakukan maka langkah selanjutnya buat “Purchase Invoice”. Input seperti biasa anda input transaksi pembelian barang dagangan anda. Dan pilih barang dengan tipe persediaan “Non Inventory Part” sebelumnya.

Dari Transaksi Faktur Pembelian untuk aktiva tersebut maka Jurnal yang akan otomatis terbentuk dari transaksi adalah:
(Dr) Transaksi Aktiva Tetap
(Cr) Akun Hutang

  • Setelah selesai buat Faktur. Kemudian anda posting lagi dari modul “Fixed Asset”, dan silahkan anda isi data data yang perlu di isi pada Faktur pembeliannya.
  • selanjutnya pada tabulasi pengeluaran masukan akun Transaksi Aktiva Tetap dengan nilai sebesar pembelian mobil dinasnya yaitu sebesar Rp. 230.000.000.

  • Setelah selesai maka Transaksi ini akan otomatis diakui sebagai Aktiva Tetap di program Accurate.

Jurnal yang akan terbentuk dari transaksi pembelian Aktiva adalah adalah :
(D) Aktiva Tetap
(C) Transaksi Aktiva Tetap

 

 

Close Menu