Cara Mengubah Rekonsiliasi Bank pada Accurate

Cara Mengubah Rekonsiliasi Bank yang sudah dibuat sebelumnya di program Accurate

Biasanya pada perusahaan perusahaan bagian Accounting akan selalu melakukan rekonsiliasi pada akhir bulan. mereka melakukan rekonsiliasi antara saldo dari bank perusahaan dengan saldo bank dari pencatatan Rekening Koran Bank. Tetapi pada pencatatannya mereka melakukan kesalahan dengan salah membuat tanggal. Maka Jika anda menggunakan program Accurate akan ada proses untuk pembetulan dari rekonsiliasi bank yang sudah di posting pada program.

Contoh kasus :

Bagian Accounting melakukan rekonsiliasi bank seharusnya per 31 May 2018. ternyata mereka salah input tanggal menjadi 1 Juni 2018, sehingga terdapat ada beberapa transaksi yang ada di bulan Juni terekonsiliasi pada bulan may. Sehingga akan mengakibatkan kesalahan pada proses rekonsiliasi bank tersebut. Dimana akan terdapat selisih diantara saldo pada buku bank perusahaan dengan saldo pada pencatatan Rekening Koran Bank. Sehingga anda harus memperbaikinya agar tidak terjadi selisih, langkah langkah yang harus anda lakukan untuk mengubah rekonsiliasi bank yang sudah anda buat sebelumnya adalah sebagai berikut ini:

  • Yang pertama Klik pada Modul utama kas Bank pada accurate, pilih Rekonsiliasi Bank.
  • Selanjutnya Pilih nama Bank yang akan anda ubah pada form rekonsiliasi bank.
  • Isi Tanggal Rekonsiliasi sesuai dengan tanggal anda melakukan rekonsiliasi bank terakhir. Cara membuka kembali Rekonsiliasi yang pernah dibuat sebelumnya lihat pada gambar dibawah ini.

  • Jika selisih dikarenakan ada transaksi bulan Juni 2018 yang ikut terekonsiliasi pada bulan May 2018. Maka agar pencatatannya benar maka silahkan anda uncentang pada kolon Beres transaksi pada bulan Juni 2018. Sehingga hanya menyisakan transaksi pada bulan May 2018 saja. Silahkan cek untuk gambar dibawah ini.

  • Setelasi selesai uncentang transaksi pada bulan Juni 2018. maka silahkan anda selisih saldo akan menampilkan nilai 0 (Nol).
  • Kemudian yang terakhir Klik Tombol Simpan & Tutup menyimpan dan menutup transaksi.

Maka setelah anda melakukan semua langkah langkah di atas akan secara otomatis rekonsiliasi bank perusahaan akan menjadi benar dan tidak ada selisih. Jika terjadi hal kesalahan dalam penginputan tanggal lagi maka anda harus cermat untuk menentukan dimana letak kesalahan transaksi yang anda posting di Accurate.

Close Menu