Rekonsiliasi Saldo Bank Pada Program Accurate

Cara Rekonsiliasi Saldo Bank pada Accurate

Jika perusahaan anda memiliki karyawan kepercayaan biasanya anda akan memberikan hak akses sepenuhnya untuk rekening perusahaan. Maka setiap bulannya anda perlu mencocokan rekening koran rekening dengan yang ada di program accurate. sehingga anda dapat mengetahui secara jelas arus kas rekening perusahan anda. Manfaat dari rekening koran adalah untuk mengetahui penerimaan dan pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan. Jadi anda bisa sekalian audit keuangan perusahaan, Jika anda menggunakan program Accurate maka akan lebih memudahkan lagi dalam pengecekannya. Modul yang di sediakan program Acurate untuk mengecek transaksi yang ada di rekening koran yaitu Rekonsiliasi Bank. Modul yang disediakan khusus dari program accurate untuk mencocokan antara Saldo rekening koran dengan arus kas dari program accurate. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk rekonsiliasi bank adalah sebagai berikut :

  • Buka dari Modul kas Bank, lalu Rekonsiliasi Bank.
  • Pilih Nama Bank yang akan anda rekonsiliasi.
  • Setting tanggal pada saat anda melakukan rekonsiliasi bank, Biasanya melakukan rekonsiliasi bank di awal atau di akhir bulan.
  • Isi field Saldo Rekening koran per tgl anda melakukan rekonsiliasi bank.
  • Centang kolom Beres (Clear) yang ada disetiap baris transaksi transaksi yang ada pada bank tersebut. jika transaksi tersebut sudah sesuai dengan rek koran.

Catatan :

  1. kalkulasi Saldo adalah saldo akumulatif yang terdiri dari transaksi transaksi yang sudah anda centang tanda Clear pada Bank yang bersangkutan.
  2. Bila kita temukan ada Clear yang berwarna Merah pada baris transaksi tertentu. Maka hal tersebut karena transaksinya sudah di rekonsiliasi padahal tanggal nya berbeda. Misalnya anda melakukan rekonsiliasi pada tanggal 31 may. Namun pada tanggl 1 juni anda sudah rekonsiliasi dan juga clear transaksi tersebut.
  3. Jika ada transaksi di Rekening Koran tetapi di program Accurate belum ada transaksinya. Maka silakan ada input terlebih dahulu di Accurate ,sehingga dapat dengan mudah untuk dilakukan rekonsiliasi.
  4. Jika ada kasus sebalikannya. Maka anda perlu untuk melakukan penyesuain atau bisa juga dengan merevisi setiap transaksi yang tidak ada di program accurate
Close Menu