Dampak Kesalahan Pencatatan Persediaan Terhadap Laporan Keuangan

Accurate sebagai program stok sangat penting pencatatan persediaan untuk laporan keuangan. karena perhitungan persediaan akan berdampak terhadap neraca dan L/R. untuk penginputan pembelian, penjualan dan persediaan akhir dapat menimbulkan kesalahan. berikut beberapa kesalahan terhadap pencatataan persediaan

  1. Tidak melakukan Stock opname (cek fisik) Persediaan
  2. Kesalahan pengalokasian akun untuk beban persedoaan
  3. kesalahan memasukkan jumlah yang di input di surat jalan
  4. Pencatatan konsinyasi yang tidak tepat

Dampak Kesalahan Pencatatan Persediaan Terhadap Laporan Keuangan

untuk menghindari dampak pencatatan kesalahan persedian akhir terlalu rendah berikut akan dijelaskan hal apa saja yang menyebabkan

Dampak Pencatatan Kesalahan Persediaan Akhir Terlalu Rendah

Bila persediaan aljor terlalu rendah maka di neraca. Kelihatan Nalai total aktiva lancar, persediaaan, saldo laba rugi akan kelihatan terlalu rendah, tetapi di laporan laba/rugi HPP akan rendah. mengakibatkan keuntungan atau laba bersih menjadi terlalu tinggi

Kesalahan Perhitungan Persediaan Akhir Terlalu Tinggi

Karena ada kesalahan perhitungan persediaan awal maka itu akan terbawa ke persediaan akhir ke bulan (periode) berikutnya. maka perlu dilakukan hal – hal untuk menghindarinya. Supaya tidak berdampak di bulan berikutnya seperti :

a. lebih teliti untuk melakukan Stock Okname agar tidak salah menghitung persediaan awal.

b. Tentukan metode persediaan yang dipakai apakaah priodikal atau perpetual, pada perpetual tentukan apakah rata – rata, FIFO, LIFO.

c. Buatlah Minimum Order di setiap barang. sehingga sebelum barang habis (kosong) anda sudah melakukan pemesanan atas barang tersebut.

d. Gunakan program stok yang baik sehingga dapat menghitung HPP, Kartu Stock Persediaan dan Historynya. hal ini akan merepotkan jika barang anda banyak dan anda masih manual.

Salah satu program yang sangat mendukung dan disarankan adalah accurate, accurate sebagai program stok menjawab kebutuhan anda untuk mengontrol persediaan anda, dan melihat Nilai HPP secara lebih detal. Dengan begitu anda akan dapat mengontrol kebijakan atas persediaan anda. seperti keputusan anda untuk melakukan pembelian. menyocokan jumlah persediaan di program Accurate dan di gudang (stok opname). menganalisa barang yang lambat bergerak.

untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungin

manda 082161888790 (marketing resmi program accurate Medan)

coba trial accurate, silahkan Download program accurate disini

.

Close Menu