Penginputan penjualan DO di Accurate Online

Melalui accurate online anda bisa menginput faktur penjualan dan juga bisa mencetaknya. Pada bagian penjualannya terdapat modul Penawaran, Pesanan, Pengiriman, Uang Muka, Faktur, Penerimaan Tagihan dan Retur Penjualan.

Transaksi penjualan DO merupakan transaksi penjualan yang dilakukan dengan konsep penitipan barang namun sudah terjadi pembayaran uang terlebih dahulu dari pihak pelanggan. Metode penjualan ini lagi ngetren karna sangat menguntungkan dan mengikat pelanggan.

Jadi di accurate online konsep penginputannya  yaitu pada saat terjadi transaksi pesan DO nya maka di accurate online input faktur penjualan sedangkan pembayarannya diinput di penerimaan penjualan. Dan pada saat customer mengambil barang DO nya baik itu sebagian atau sepenuhnya maka diinput di Pengiriman Pesanan.

Di accurate online yang membedakan penginputan penjualan biasa dengan penjualan DO yaitu pada saat inut faktur penjualannya. Setelah pengisian nama customer, tanggal, barang yang di DO kan serta kuantitas dan harganya, di tabulasi info lainnya harus di centang “Faktur Dimuka” seperti tampak pada gambar berikut ini :

Setelah itu, saat Anda membuat pengiriman pesanan, klik tombol “Ambil” yang berwarna hijau, akan tampil pilihan : Penawaran, Pesanan, Faktur Dimuka, dan Favorit. Pilihlah Faktur Dimuka dan Accurate Online akan memunculkan pilihan no faktur dimuka yang mana yang mau Anda kirim. Setelah itu simpanlah.

pengiriman pesanan

Adapun jurnal untuk transaksi pada saat penjualan DO (Faktur Penjualan) yaitu :

Piutang Usaha (Dr)

Penjualan (Cr)

HPP (Dr)

Barang Terkirim (Cr)

 

Saat terjadi pengeluaran barangnya, maka diinput dari Penjualan – Pengiriman Pesanan maka jurnalnya :

Persediaan Terkirim (Dr)

Beban Pokok Penjualan (Dr)

Persediaan (Cr)

Mengapa timbul akun Beban Pokok Penjualan? Padahal saat di faktur tidak timbul akun ini. Akun ini berfungsi untuk menampung nilai jika saat barang tersebut di harga modalnya mengalami perubahan harga. Akun ini di atur dibagian Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan sebagaimana sudah dibahas pada artikel yang berjudul : Jurnal Otomatis

Sangat rinci kan penjurnalan accurate online? Yah karena accurate online memang diperuntukkan untuk membantu pembukuan Anda. Jurnal yang dihasilkan tidak mungkin salah dan hasilnya pun real-time. So, tunggu apalagi segera gunakan Accurate Online sebagai tools pembukuan Anda. Untuk pemesanan accurate online bisa dari link : Pemesanan.

 

Close Menu