Cara input Nomor Induk Kependudukan (NIK) Jika tidak ada NPWP

Mencantumkan NIK Jika tidak ada NPWP

Jika membahas tentang perpajakan memang sangat sensitif apalagi yang menyangkut pajak bagi pengusaha (PKP). Pada awal berlakunya faktur pajak elektronik atau e-faktur tahun 2016 lalu banyak diwarnai kontroversi. Nah, Pada tahun 2018 ini e-faktur kembali mengeluarkan kebijakan baru yaitu harus menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK diminta pengusaha tersebut dari lawan transaksinya, untuk menerbitkan faktur pajak pada e-faktur jika tidak ada mencantumkan NPWP. Jika PKP tidak memintanya maka e-faktur tidak akan disetujui dan jelas tidak bisa terbit dari ditjen pajak.

Jadi anda sebagai Pengusaha kena Pajak (PKP) harus benar benar extra teliti dalam pelaporan pajak dengan peraturan baru ini. Pilihannya hanya ada 2 yaitu anda menggunakan jasa konsultan pajak yang biasanya bayarannya mahal, atau anda menggunakan program yang bisa mendukung transaksi anda untuk pelaporan ke ditjen pajak (DJP) pada e-faktur.

Maka dari itu disini saya akan membahas program yang bisa anda jadikan referensi untuk memppermudah pelaporan pajak anda yaitu program ACCURATE. Program Accurate sendiri sudah mendukung transaksi e-faktur. Berikut ini saya bagikan cara mencantumkan NIK ke e-faktur jika anda menggunakan program ACCURATE VERSI TERBARU. langkah langkah adalah sebagai berikut :

  • Buka database pada Program Accurate.
  • Klik ke modul Daftar, klik pelanggan. (Jika anda sudah memiliki daftar pelanggan silahkan pilih nama pelanggannya, jika belum klik baru untuk membuat nama pelanggan baru).
  • Setelah pilih nama pelanggan, silahkan klik ke tab penjualan isikan NIK pada kolom NIK yang sudah disediakan, lalu Klik Ok.
                                                                                                                 Gbr. 1
  • Selanjutnya silahkan anda buat transaksi dan ppn keluarannya untuk pelanggan yang telah anda setting sebagai pelanggan yang mencantumkan NIK.
  • Setelah selesai membuat transaksi selanjutnya akan di export keluar transaksinya agar bisa di upload ke program e-faktur.
  • Masuk ke Menu laporan, pilih PPN/PPNBM (e-spt,e-faktur). Klik Baru jika belum ada dibuat sebelumnya, selanjutnya klik pada tab pajak keluaran, kemudian anda langsung export pajak keluarannya.
                                                                                                          Gbr. 2
  • Sehingga akan muncul CSV seperti gambar berikut ini.
                                                                                                                    Gbr. 3

 

Note : langkah langkah di atas berlaku juga untuk pelanggan yang memiliki NPWP, hanya beda kolom saja bisa dilihat pada Gbr.3 di atas.

 

untuk Informasi lebih lanjut bisa langsung datang ke kantor Accurate Medan dan untuk Pemesanan program silahkan klik PENAWARAN ACCURATE

Close Menu