Fungsi modul sales di accurate 5

Program Accurate adalah program pembukuan yang diproduksi oleh Cipta Piranti Sejahtera yang sudah memasuki edisi ke 5 untuk software dekstopnya. Dan modulnya yaitu Penjualan, Pembelian, Pencatatan Biaya Operasional, Penyusutan Aktiva, Perhitungan Proyek, dan Produksi. Pencatatan tiap modul sudah langsung terjurnal secara otomatis sehingga program pembukuan ini bisa langsung menghasilkan laporan keuangan secara real-time.

Salah satu kemampuan Accurate 5 yaitu  bisa mencatat penjualan per sales. Fungsi ini banyak diminati karena di zaman sekarang setiap perusahaan membutuhkan sales sebagai ujung tombak pendapatan kebanyakan perusahaan.

Untuk permulaan database perlu dilakukan pengaktifan modul penjualnya dari : Persiapan | Preferensi | Fitur (gambar dibawah ini). Setelah itu iputlah nama salesnya dari : Daftar (kiri) | Penjual. Klik “Tambah” dan isilah namanya. Sedangkan untuk perhitungan komisinya, Anda terlebih dahulu harus menginput batasan komisi. Setelah itu tambahkan ke master penjualnya.

penjualan, sales

Selanjutnya pada transaksi faktur penjualan akan muncul kolom untuk mengisi nama sales di bagian sebelah kanan di bawah kolom “ship via”, inputlah siapa yang menjualnya. Tampilan ada di gambar di bawah ini :

penjualan, sales

Perlu diketahui, penginputan ini nantinya akan berpengaruh pada pelaporan terhadap barang yang terjual ataupun piutang yang belum dibayar lunas atau sebagian. Jadi sangat penting sekali diinfokan nama sales siapa yang menjualnya. Sedangkan untuk hitungan komisinya, Accurate 5 hanya bisa menghasilkan nilainya jika fakturnya sudah terbayarkan, baik itu perhitungan komisi terhadap barang ataupun terhadap nilai faktur.

Jurnal yang terjadi tidak ada hubungannya dengan sales. Modul itu hanya merupakan aktifitas membantu operasional. Biaya komisi tidak akan terjurnal secara otomatis, oleh karena itu harus dilakukan transaksi dari modul Kas Bank – Pembayaran untuk pembebanan biaya komisinya.

Laporan yang berpengaruh terhadap transaksi penjualan bisa Anda dapatkan dari Laporan – Daftar Laporan- Laporan Penjualan. Untuk melihat barang, kuantitas, serta nilai yang terjual, bisa Anda lihat dari laporan penjualan per barang. Aturlah periode kapan yang ingin Anda lihat lalu Ok kan. Jadi Anda sangat dibantu mulai dari pencatatan pembukuannya sampai ke pencatatan pajaknya.

Untuk order accurate 5 bisa dilakukan dengan mengisi data di link : Accurate Penawaran atau bisa juga menghubungi via WA : 085370838199 dan untuk trial nya bisa Anda dapatkan dari : Accurate Gratis.

 

 

 

Close Menu