Pengakuan Inventory Menjadi Aktiva Tetap Baru

Pengakuan Inventory menjadi aktiva tetap baru dilakukan dengan dua tahap di program accurate. Tahap pertama yaitu melakukan penyesuian persediaan dan tahap ke dua aset tetap baru. jadi yang awalnya di beli untuk persediaan. barang yang akan dijual. tetapi barang tersebut di pakai sendiri dan dijadikan aktiva tetap.

Perhatikan ilustrasi berikut ini, untuk memudahkan pemahaman anda terhadap proses pencatatan transaksi tersebut di ACCURATE

Pengakuan Inventory Menjadi Aktiva Tetap Baru

Pada tanggal 05 Januari 2018, management perusahaan memutuskan untuk mengakuisisi 1 unit Inventory Computer dari persediaan barang dagangan (inventory perusahaan) menjadi aktiva tetap perusahaan untuk menggantikan Computer Toko yang sudah rusak. 1 Unit Computer tersebut mempunyai nilai perolehan Rp. 10.000.000,- dan akan disusutkan selama 4 tahun dengan metode penyusutan garis lurus.

Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk mencatat transaksi tersebut di accurate :

  1. dari menu persediaan – penyesuaian persediaan – isi tanggal penyesuaian sesuai dengan tanggal transaksi dilakukan (sesuai ilustrasi 05 Januari 2018)
  2. Pada kolom Adj Account, pilih akun perantara “Fixed Asset Transaction”. Jika akun ini belum tersedia, anda dapat membuat akun baru, nama akun Fixed Asset Transaction (Transaksi Aktiva Tetap) dengan type akun other current liabilities (harta lancar lainnya)
  3. Karena anda hanya melakukan penyesuian kuantitas maka option box value adjustment tidak perlu dicentang
  4. Pada detail item pilih item yang akan dijadikan Fixed Asset (sesuai ilustrasi pilih computer), kemudian isi kolom New Qty dengan jumlah Qty setelah disesuaikan (dapat dihitung dengan cara total qty item sebelum penyesuian dikurangin dengan jumlah qty yang dikeluarkan
  5. Perhatikan, Total Adjustment pada formulisr inventory adjustment akan menampilkan nilai persediaan yang dikeluarkan, nah nilai tersebutlah nantinya yang dapat anda akui sebagai harga perolehan pada saat item tersebut dijadikan aktiva tetap.

Perhatikan Gambar di bawah ini :

Mencatat Aktiva Tetap

Aktiva tetap – aktiva tetap baru untuk mencatat 1 unit computer tersebut ke dalam daftar aktiva tetap, caranya :

  1. buka formulir aktiva tetap baru dari menu aktiva tetap – aktiva tetap baru
  2. pada tampilan form new fixed asset, isi kolom ” Acquisition Date” dengan tanggal adjusment (sesuai dengan tanggal aktiviatas penyesuaian persediaan, kemudian kolom “Usage Date” isi dengan tanggal aktiva tetap tersebut akan mulai digunakan, tanggal ini dapat anda isi sama dengan Acquisition date jika aktiva tetap tersebut langsung dipakai pada tanggal yang sama
  3. Lengkapi detail header dan detail general sesuai dengan informasi aktiva tetap tersebut. perhatikan gambar di bawah ini
  4. pada detail pengeluaran, pilih akun fixed asset transaction dengan jumlah sesuai dengan nilai persediaan yang diakuisisi (sesuai ilustrasi Rp. 10.000.000). Perhatikan gambar dibawah ini :

Accurate akan mencatat aktifitas dengan ini dengan ayat jurnal :
debit peralatan Rp. 10.000.000
credit fixed asset transaction Rp. 10.000.000

untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungin

manda 082161888790 (marketing resmi program accurate Medan)

coba trial accurate, silahkan Download program accurate disini

 

 

 

 

Close Menu