Cara Input Pinjaman karyawan untuk pengurangan gaji di AOL

Pinjaman Karyawan untuk pengurangan Gaji

Bagi anda pengusaha dan pemilik perusahaan yang memiliki banyak karyawan, pasti di perusahaan anda akan menggunakan sistem pinjaman karyawan. Dan pinjaman karyawan nantinya akan langsung dikurangi  ketika anda membagikan gaji ke karyawan di awal/akhir bulan. Jika anda menggunakan accurate online maka anda tidak perlu bingung dalam hal pencatatannya. Sehingga dapat mengurangi resiko perbedaan pencatatan jika dikerjakan dengan cara manual.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencatat pinjaman karyawan di AOL :

  • Silahkan anda buatkan terlebih dahulu untuk akun “Pinjaman karyawan” dengan tipe “akun Piutang usaha”. Caranya : dibuka dari Buku Besar, lalu pilih Akun Perkiraan yang akan anda gunakan yaitu “akun piutang usaha”.
  • Kemudian silahkan input jumlah pinjaman karyawan melalui Modul Jurnal Umum. Caranya : dari menu Buku Besar, klik Jurnal umum kemudian pilih akun yang dibuat sebelumnya yaitu “pinjaman Karyawan”.

  • Setelah itu pilih nama karyawan yang melakukan peminjaman tadi.
  • Selanjutnya tinggal pilih akun lawan dari Pinjaman karyawan yaitu akun Kas /Bank (pilih akun sesuai dari mana uang tersebut anda keluarkan untuk pinjaman karyawan anda).

  • Selanjutnya simpan dan tutup.

Setelah itu pada saat gajian, anda langsung mengurangi pinjaman karyawan ke gaji karyawan anda, berikut adalah langkah langkah untuk pencatatan pengurangan gaji berdasarkan pinjaman karyawan di AOL :

  • Untuk mencatat Gaji karyawan di awal bulan yaitu dari menu Perusahaan pilih Gaji/ Tunjangan dengan nama Potongan pinjaman Karyawan, dengan tipe akun Potongan Gaji (Tidak Mengurangi PPh).
  • Isikan akun pinjaman Karyawan pada kotak akun Beban, untuk tipe Akun yang anda pilih pastikan tipe tersebut adalah tipe “Piutang usaha”.

  • Untuk pencatatan pengurangan gaji bulanan dari pinjaman karyawan. Silahkan and klik menu Buku Besar, pilih Pencatatan Gaji.
  • Kemudian pilih nama karyawannya , lalu silahkan isikan nilai/nominal dari pinjaman di kolom Potongan Piutang Karyawan.

 

  • Selanjutnya Klik Lanjut dan Simpan, maka otomatiis jurnal yang akan terbentuk dari trasaksi tersebut adalah Nilai Pinjaman karyawan akan secara otomatis berkurang sebesar nilai yang anda input sebelumnya.

jadi AOL sangat mendukung untuk perusahaan yang menerapkan sistem pinjaman karyawan, karena AOl sendiri sudah memiliki fitur “Karyawan”.

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan datang ke kantor accurate medan dan klik penawaran AOL untuk pembelian Accurate online.

 

Close Menu