Pengembalian Uang hasil Retur Penjualan Pelanggan

Transaksi Pengembalian uang setelah retur!!!

Dalam hal transaksi jual beli Sering kali kita mendapati transaksi retur penjualan. Transaksi retur penjualan adalah transaksi pengembalian barang dari pelanggan atas transaksi penjualan yang sudah dibuat. Disini anda yang bertindak sebagai Penjual harus menerima barang retur dan biasanya pihak pelanggan meminta uang nya dikembalikan saja.

contoh kasus :

Toko Anda ada menjual kipas angin merk Panasonic 1 buah dengan harga IDR 2.300.000 Nomor fakturnya R43-0091001. Keesokan harinya pelanggan ada datang kembali ke toko anda untuk meretur kipas angin tersebut karena ternyata kipas anginnnya rusak. jadi pelanggan meminta uangnya di kembalikan saja, karena tidak mau di ganti dengan barang lainnya. Anda harus mengembalikan uangnya kepada pelanggan tersebut. Karena anda sudah menginput transaksi penjualannya di Program Accurate, jadi anda harus menginput retur penjualan terlebih dahulu. Setelah itu anda melakukan pengembalian uang tersebut. karena kalau tidak maka akan terjadi selisih antara jumlah uang yang ada di program dan yang ada di laci uang kasir anda.

Bagaimana cara untuk input transaksi uang kembali di ACCURATE ? Berikut ini adalah langkah langkahnya.

  • Silahkan anda melakukan transaksi Retur penjualan terlebih dahuhlu. Caranya dari Modul penjualan – Retur penjualan dan pilih faktur yang ingin anda retur.
  • Kemudian buka Penerimaan penjualan dan akan menampilkan faktur dengan nilai hutang yang bertanda MINUS, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

  • Jika pelanggan anda ingin meminta untuk uangnya kembali, maka silahkan anda lakukan men-centang faktur yang hutangnya MINUS, seperti pada contoh gambar di bawah ini.

  • Selanjutnya Jika sudah selesai pada transaksinya, silahkan klik simpan dan tutup. Sehingga akan terjadi pengurangan nilai kas atau bank Anda, karena sudah melakukan pengembalian dana dari retur penjualan tersebut.
  • Untuk mengecek saldo uang yang ada di program Accurate yaitu buka modul kas/bank pilih buku bank dan pilih nama bank, lalu cek sesuai dengan tangal anda ingin mengecek saldonya.

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan datang ke Kantor Accurate Medan

 

Close Menu