Penyebab HPP berubah di Software Accurate

  1. Halo pengguna Accurate, Beberapa ada yg bertanya kenapa nilai Harga pokok penjualan di Software accurate bisa berubah – ubah. Hal ini dapat menyebabkan Laba/Rugi juga berubah. Hal ini mungkin akan menjadi kendala jika laba rugi sudah dilaporkan, kemudian hari bisa berubah.

Seperti yang anda ketahui Software accurate menggunakan Harga Pokok Penjualan metode perpetual, yaitu Fifo dan Average. Fifo mengambil nilai modal yang pertama. Average merata – ratakan dari nilai masuk barang. Nilai masuk barang bisa dari saldo awal stok, pembelian ataupun produksi. dan di update berdasarkan tanggal diluan masuk

Berikut saya akan menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan HPP berubah di Software Accurate :

Receive Item yang Outstanding

Pada saat input RI, belum ada nilai beli dari barang tersebut karna diinput hanya kuantitas barang yang di beli. Adanya Receive Item yang Outstanding. Pada saat ada Purchase Invoice atas RI tersebut dibuat, nilai HPP akan otomatis update mengikuti Purchase Invoice.

Pengeditan harga beli di Purchase Invoice.

Jika anda melakukan pengeditan di Faktur pembelian. tentu Software accurate akan mengupdate nilai HPP Keluar barang (Faktur penjualan, Pemakaian Bahan Baku) tersebut.

Qty Item yang Minus

Jika Qty item yang minus, maka penambahan akan barang tersebut akan menupdate nilai HPP keluar barang tsb (Faktur penjualan, Pemakaian bahan baku), mengikuti tanggal masuk transaksi penambahan stoknya. Untuk mencegah HPP yang sering berubah – ubah sebaiknya ada mengkunci dimana user tidak boleh menjual Qty minus. tidak centang kts digudang dapat < 0 dari menu persiapan – preferensi – fitur. Dengan begitu user diwajibkan input pembelian terdahulu. Begitu juga dengan saldo awal barangnya dari menu persediaan barang dan jasa – ubah.

Retur Pembelian

Pada Saat Retur Pembelian dari item yang sudah terjual, maka nilai Nilai HPP akan mengambil Cost lain yang tersedia.

anda dapat melihat perhitungan dari Nilai Hpp barang anda dari laporan – daftar laporan – persediaan – rincian valuadasi persediaan.

Untuk Pelunasan dari pembelian barang dan biaya angkut tersebut lalukan dari tabulasi aktivitas | pembelian | Pembayaran pembelian. Selanjutnya dengan pilih nama pemasok dari msing masing faktur yang akan dibayarkan. Dan pembiayaan untuk menambah ke HPP  barang bisa biaya apa saja.

untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungin

coba trial accurate, klik link download disini

manda 082161888790 (marketing resmi Software accurate Medan)

Close Menu