Aktiva Tetap Accurate Software

Kebutuhan dari beberapa perusahaan yang disampaikan kepada kita Accurate Medan selaku kantor pemasaran program pembukuan accurate yang resmi untuk sumatera yaitu mengenai hal adanya pencatatan inventaris sehingga gampang terbaca dan bisa disusutkan secara otomatis. Oleh karena di Accurate software bisa diakomodir maka hal ini lah yang menyebabkan banyak nya pengguna Accurate software.

Penginputan aktiva tetap di accurate software melalui modul Aset Tetap | Aktiva Tetap Baru. accurate, accurate software, aktiva tetap

Fungsi field induk yang ada yaitu :

  1. Kode Aktiva : Penomoran aktiva yang akan diinput.
  2. Tipe Aktiva : tipe aktiva bergantung pada Tipe Aktiva Tetap Pajak yang Anda pilih berdasarkan golongannya.
  3. Tanggal Beli : Tanggal pembelian aktiva. Dan dari berdasarkan tanggal ini lah akan terjadi jurnal terhadap akun aktiva tetap yang akan dipilih.
  4. Tanggal Pakai : Tanggal pemakaian atau bisa dikatakan tanggal penyusutan karena berdasarkan tanggal pakai ini penentuan kapan mulai disusutkan. Namun tanggal 1 – 15, penyusutan akan dimulai pada periode (bulan) tanggal pakainya. Sedangkan untuk tanggal 16 – akhir bulan (tergantung periodenya), maka penyusutan dilakukan mulai dari periode berikutnya (1 bulan setelah bulan pakai).
  5. Keterangan : Nama Aktiva (inventaris) nya.
  6. Kuantitas : Jumlah kuantitas aktiva (inventaris)
  7. Umur Aktiva : Umur penyusutan aktivanya, bisa bulan ataupun tahun
  8. Metode Penyusutan : Metode penyusutan sesuai metode akuntansi yang ada, pilihannya : Tidak terdepresiasi, Metode Garis Lurus, Metode Angka Tahun, ataupun Metode Saldo Menurun.
  9. Akun Aktiva : Akun untuk mengakui nilai aktivanya dan tipe akunnya di accurate software ini adalah Aktiva Tetap.
  10. Akun Akum Penyusutan : Untuk aktiva yang berwujud, akumulasi nilai yang telah disusutkan akan ditampung di akun yang terpilih ini. Dan tipe akunnya di accurate software haruslah Akumulasi Penyusutan.
  11. Akun Beban Penyusutan : Akun yang terpilih untuk menampung nilai penyusutan per periode berdasarkan perhitungannya. Tipe akunnya di accurate software haruslah bertipe kan Beban. Dan ini akan mempengaruhi laporan laba/ rugi.
  12. Tabulasi Pengeluaran. Tabulasi ini nantinya akan memilih akun pengeluaran untuk menampung nilai perolehannya. Akun yang terpilih tipenya yaitu : Kas & Bank, Ekuitas, Aktiva Lancar Lainnya, tergantung transaksi terjadinya aktiva tetap tersebut.accurate, accurate software, aktiva tetap
Close Menu