Fungsi modul karyawan accurate online

Salah satu fitur yang terbaru di accurate online yaitu adanya modul Karyawan yang bisa berfungsi untuk mendata nama karyawan yang bekerja pada perusahaan, memudahkan proses pencatatan gaji karyawan tersebut, pinjaman karyawan, bahkan memudahkan untuk perhitungan pencatatan ppH 21 karyawan bisa dibantu.

Adapun untuk membuat master Karyawan dengan cara berikut ini :

  1. Masuk ke modul Perusahaan | Karyawan.accurate, accurate online, karyawan, pencatatan gaji
  2. Lalu lengkapi isian yang diperlukan dari setiap tabulasi pada formulir Karyawan antara lain :
  • Pada tabulasi ini Anda bisa mengisi data pribadi karyawan tersebut seperti Nama Lengkap, Email, Nomor Handphone, No KTP, dan lain-lain.
  • Pada tabulasi ini Anda harus mengisi data alamat si karyawan tersebut.
  • Pajak Penghasilan. Pada tabulasi ini Anda harus mengisi data yang berhubung dengan pajak pribadi karyawan tersebut, antara lain : Nomor NPWP pribadi karyawan, status pekerjaan, status PTKP, serta masa perhitungan ppH nya.

Yang berhubungan dengan modul karyawan ada juga modul Pencatatan Gaji di accurate online yang digunakan sebagai modul untuk mencatat transaksi-transaksi beban gaji dari semua karyawan yang sudah Anda input sebelumnya. Setelah Anda input transaksi Pencatatan Gaji maka Anda dapat melanjutkan ke pencatatan transaksi pelunasan pada fitur Pembayaran.

Sebelum penginputan transaksi pencatatan gaji, Anda harus membuat daftar Gaji/ Tunjangan yang diberlakukan pada perusahaan terlebih dahulu dengan cara :

  1. Masuk ke modul Perusahaan | Gaji/ Tunjangan untuk membuat kategori gaji/ tunjangan.accurate, accurate online, gaji/tunjangan, karyawan
  2. Isilah field Nama (kategori gaji/ tunjangan yang ada), Tipe Gaji/ Tunjangan (Anda bisa pilih karena Accurate Online menyediakan), Bayar/ Potong (untuk tipe tertentu field ini ada pilihannya untuk per bulan atau per tahun).
  3. Modul Gaji/ Tunjangan yang telah Anda buat nantinya akan terkait ke modul Karyawan dan modul Pencatatan Gaji.

Setelah itu, untuk melakukan pembayaran gaji, maka Anda sudah bisa menginput transaksi Pencatatan Gaji lalu setelah semua sudah tercatat dengan baik, maka Anda dapat membuat pembayaran gaji dengan cara :

  1. Masuk ke menu Kas & Bank | Pembayaran
  2. Di modul ini isi lah Kas/ Bank (pilih lah akun kas atau bank yang akan mengeluarkan dananya), No Cek, Tanggal. Setelah itu tekan tombol hijau yang bernamakan Ambil, lalu pilih Hutang Beban.
  3. Setelah itu akan muncul tampilan yang menginformasikan beban-beban akrual yang harus Anda bayarkan lalu Anda dapat memilih transaksi beban gaji yang mana yang ingin Anda buatkan pembayarannya dengan cara mencentangnya lalu setelah selesai klik Lanjut.
Close Menu