Export – Import Transaksi di Accurate

Halo pengguna Accurate khususnya accurate medan, kali ini saya akan membahas mengenai Export – import transaksi di Program Accurate. fungsi ini biasa digunakan untuk outlet (cabang) dan pusat, yang memiliki database masing – masing. semua transaksi yang di outlet akan di kirim ke pusat, dengan begitu pusat akan memasukkan transaksi ke dalam database accurate tanpa harus menginput transaksi outlet satu persatu. yang dilakukan di outlet adalah mengeksport transaksi ke dalam 1 file berupa file xml dan file ini dikirim melalui email. kemudian pusat akan meimport file tersebut ke dalam databasenya.

Berikut akan dijelaskan langkah-langkah untuk mengekspor – import transaksi program accurate antar database :

Dari menu berkas – export – import transaksi                                       

Dari gambar di atas dibagian filter ada beberapa field seperti :

  • filter tanggal, yaitu tanggal user menginput transaksi.
  • filter by source date yaitu tanggal yang tertera di Faktur,
  • Tipe data Asli, yaitu data yang transaksinya di input di database tersebut
  • Tipe data terimpor, yaitu transaksinya merupakan hasil import file dari database lain
  • Tanpa Status, yaitu transaksinya belum pernah diexport
  • terekspor, yaitu transaksinya sudah pernah diexport sebelumnya
  • status sumber masukan, yaitu transaksinya merupakan inputan dari databasenya
  • Status sumber terhapus, yaitu transaksinya sudah pernah terhapus
  • nama pengguna, user yang login dan menginput transaksi tsb

Dari Status – status diatas anda bisa tau aktivitas ataupun status transaksi yang mau di export apakah sudah pernah terekspor, merupakan transaksi dari hasil import, dan transaksi berdasarkan tanggal dilakukannya penginputan (filter by source)

Setelah di filter atas status transaksi maka selanjutnya menfilter tipe transaksi apa yang mau di export,Program Accurate telah mengkelompkan transaksi berdasarkan lokasi penginputannya, jika anda hanya ingin mengeksport transaksi di bagian penjualan saja maka cukup centang transaksi penjualan tanpa perlu mengcentang tipe transaksi bagian lain.

setelah selesai menfilter transaksi, centang transaksinya satu persatu atau klik tombol centang semua dan klik tombol extract data terpilih dan simpanlah file ke dalam file komputer.

tampak gambar diatas file data-penjualan.xml yang tereksport. file itu lah yang akan di import ke database accurate lain dengan mengklik tombol import dan browse file xmlnya. sebelum anda mengimport ke dabatase accurate. sebelumnya di isi dulu IDCabang  dari menu persiapan – info perusahaan – IDCabang, ID cabang akan di dapat dari database yang filenya dieksport.

Close Menu