Jurnal Penyesuaian Persediaan pada Program Accurate

Sistem akuntansi mengakui adanya pencatatan untuk persediaan sehingga kebanyakan software akuntansi menggunakan metode perpektual guna mendapatkan laporan keuangan secara real-time. Sering juga terjadi perbedaan nilai stok yang ada di real dengan yang ada di software akuntansi. Oleh karena itu Accurate software selaku program akuntansi yang mencatat transaksi dan membuat jurnal secara otomatis, menyediakan adanya pencatatan untuk penyesuaian persediaan (adjustment stok). Adapun prosesnya yaitu :

Tahap 1. Pengurangan Stok, caranya :

  1. Masuk ke Persediaan | Barang dan Jasa | Penyesuaian Persediaan.
  2. Sesuaikan tanggal penyesuaian persediaannya
  3. Pilih akun penyesuaian persediaannya. Karena ini untuk pengurangan stok maka akun yang dipilih biasanya tipe akun nya Beban ataupun Harga Pokok Persediaan.
  4. Di bawah Description, jangan centang Value Adjustmentnya.
  5. Pilihlah barang mana yang hendak di adjustment, nanti akan muncul secara otomatis Qty Sekarang sejumlah stok Anda pertanggal yang Anda pilih untuk total keseluruhan gudang. Perubahan stoknya Anda input di kolom Qty Baru.
  6. Lalu pilih Simpan.

Notes : Untuk software akuntansi accurate yang memiliki sistem multi gudang dan yang hendak diadjustment hanya 1 gudang, maka pilih nama gudangnya dan qty baru nya diinput dengan nilai = qty sekarang – selisih qty gudang tersebut.

software akuntansi, jurnal, accurate, accurate software, laporan keuangan

Tahap 2. Penambahan Stok, caranya :

  1. Masuk ke modul Persediaan | Barang dan Jasa | Penyesuaian Persediaan.
  2. Rubah tanggal sesuai dengan tanggal penyesuain stoknya.
  3. Pilih akun penyesuaian persediaan dimana karena penyesuain ini untuk penambahan stok maka tipe akun yang harus dipilih adalah Pendapatan.
  4. Centang value adjustment yang ada dibawah kolom description.
  5. Pilih barang mana yang mau di adjustment, maka akan muncul nilai otomatis di kolom Qty Sekarang (stok pertanggal yang Anda pilih di tanggal adjustment) dan Nilai Sekarang. Inputlah pertambahan kuantitasnya di kolom Qty Baru dan pertambahan nilai modalnya di kolom Nilai baru. Rumusnya : QtySekarang + Penambahan = Qty Baru DAN NilaiBaru = NilaiSekarang+Penambahan nilai.

Notes : Jika ingin melakukan hanya penambahan stok saja tampa melakukan penambahan nilainya maka Anda bisa menginputnya ke modul Pembelian | Faktur Pembelian dengan nilai unit price (Harga satuannya) = 0.

 

Close Menu