Program Accurate untuk perusahaan produksi sederhana

Jika anda memliki perusahaan yang ada melakukan produksi kecil-kecilan, Accurate meyediakan program untuk produksi sederhana, pelanggan dari accurate medan dan diluar kota medan juga sudah banyak yang pakai program Accurate, salah satu contohnya perusahaan percetakan, untuk membuat satu spanduk memerlukan beberapa jenis bahan baku dan bahan pembantu lainnya, Modul Job Costing yang ada di Program ACCURATE, bisa kita digunakan untuk pencatatan produksi yang sederhana, contoh kasusnya dari bahan baku A, B, dan C lalu akan dijadikan barang jadi/barang yang sa di jual “X” misalnya. Jika nantinya dalam proses pembuatan barang jadi “X” ini ada biaya yang harus dikeluarkan, nantinya akan menjadi COGS dari barang jadi “X” tsb, maka di tabulasi beban nya bisa kita isikan dengan akun biaya pada pembuatan barang jadi “X” ini.

Jadi simulasi produksi sederhana dari contoh kasus diatas, yaitu untuk membuat bahan baku menjadi barang jadi “X”, penginputan yang harus kita lakukan adalah seperti berikut ini :

1. Buat Job Costing, dari Modul Persediaan
2. lalu sub modul pembiayaan pesanan isikan barang dengan bahan baku nya misalnya :
– Barang A, Qty 1 = Rp 55.000
– Barang B, Qty 1 = Rp 35.000
– Barang C, Qty 1 = Rp 15.000

3. Lalu ada biaya listrik yang kita keluarkan dan biaya si pekerjanya yang akan masuk kedalam COGS barang jadi nantinya, maka inputkan di tabulasi beban, misalnya :
– Biaya Listrik = Rp 100.000
– Biaya Pekerja = 85.000

Dari sini, total Pembiayaan Pesanan (Total Biaya Barang + Beban) = Rp 290.000
Jurnal yang terbentuk adalah :
(Dr) Persediaan dalam proses (Akun yang dipilih di Job Cost Account) Rp 290.000
(Cr) Persediaan A+ B + C Rp 105.000
(Cr) Beban Rp 185.000

Sampai disini, nilai Beban terjurnal di posisi Credit.

Saat akan melakukan finishing/Penyelesaian, masuk ke Pembiayan Pesanan yang sudah dibuat tadi, caranya :
1. Buka dari daftar diatas – Persediaan – lalu pilih pembiayaan pesanan, dan pilih pembiayaan pesanan yang dibuat tadi dengan klik 2x
2. kemudian klik Finishing. Pada Roll Over Type nya pilih ke “To Item” (karena kita ingin membuat satu barang baru), lalu pilih barang jadi nya, yaitu Barang“X” di detail Barang pada Job Cost Roll Overnya. Sampai disini jurnal yang terbentuk adalah :
(Dr) Inventory Finished Goods Rp 290.000
(Cr) Persediaan dalam proses (Akun yang dipilih pada saat Job Cost Account) Rp 290.000

 

Disini hanya untuk menjurnal balik pada akun “Persediaan dalam proses” karena akun tersebut merupakan akun perantara saja Sedangkan beban tetap disaldo Credit.

Untuk menghilang biaya tersebut di laporan laba/rugi kita harus membayar nilai Biaya Listrik dan biaya pekerja tersebut, caranya bisa dari Pembayaran atau Jurnal Umum, berikut ini caranya kalau dari jurnal umum:

(Dr) Biaya Listrik Rp 100.000

(Dr) Biaya Gaji Rp 85.000

(Cr) Kas/Bank/ Hutang Rp 185.000

Jika anda memiliki perusahaan yang ada produksinya jangan ragu untuk bertanya di accurate medan, silahkan datang ke kantor accurate medan jika masih kurang jelas.

hub WA (081314024317)

Close Menu