Cara Retur Penjualan/Pembelian yang nomor Faktur nya Tidak ada di Accurate

Mungkin banyak dari pengguna Accurate seluruh indonesia khusunya Accurate Medan yang menggunakan accurate tidak dari pertama membuka usahanya, jadi untuk input saldo awal dari persediaan, hutang, piutang hanya input saldo akhir saja.

Contoh kasusnya : Bagian Penjualan ada melakukan transaksi penjualan dengan nomor faktur R43-002991 di tanggal 16 agustus 2017, sedangkan perusahan anda baru menggukan program accurate pada awal tahun 2018, jadi faktur nomor R43-002991 input ke acccurate hanya nilai fakturnya saja tidak ada rincian barangnya atau sebagai saldo awal di program accurate, sedangkan di tanggal 4 februari 2018 perusahaan ada melakukan transaksi retur penjualan untuk beberapa item barang dari faktur nomor R43-002991, Berikut adalah langkah untuk membuat transaksi Retur atas Faktur Penjualan dan bisa dii terapkan juga untuk transaksi Retur Pembelian yang dibuat sebelum menggunakan ACCURATE :

  1. Langkah awal buka dari Tabulasi Persiapan| Preferensi | Pilih Penjualan / Pembelian, centang pada pilihan “dapat mengisi barang apa saja di retur penjualan” untuk bagian Penjualan dan “dapat mengisi barang apa saja di retur pembelian” untuk bagian pembelian.
  2. Retur Penjualan dilakukan dari Modul Penjualan | Sub-Modul Retur Penjualan pilih pelanggan yang fakturnya akan di Retur, No. Faktur pilih Nihil, lalu pilih Nama barang yang akan diretur dari kolom No. Barang , Kuantitas dan Harga Jual isi sesuai yan akag diretur, setelah itu Save & Close.
  3. Sedangkan untuk Retur Pembelian dilakukan dari Modul Pembelian | Sub-Modul Retur Pembelian, pilih Pemasok yang fakturnya akan di Retur, No. Faktur pilih Nihil, lalu pilih Nama barang yang akan diretur dari kolom No. Barang , Kuantitas dan Harga Jual sesuai yang diretur, setelah itu Save&Close.

Disini nilai biaya Persediaan dari barang yang dikembalikan/di retur mengambil informasi dari HPP transaksi penjualan terakhir.

Gambar Diatas adalah gambar dari Tabulasi Persiapan – Preferensi

 

Gambar di atas adalah gambar dari retur Penjualan

Jadi buat para pengguna accurate seluruh indonesia dan khususnya accurate medan yang tidak dari awal buka usahanya memakai program accurate, langkah ini dapat diterapkan jika terdapat kasus seperti di atas.

untuk Penawaran Accurate bisa klik disini

atau bisa hub WA (081314024317)

 

Close Menu