Modul backup dan restore data pada Accurate

Kali ini kita akan membahas tentang penanganan database accurate yang sering dikonsultasikan oleh accurate medan dimana kita mencegah kesulitan jika database di program accurate mengalami kerusakan. Di dalam software accurate ada modul backup dan restore data.

1. Backup Data. Pembuatan data cadangan ( Backup ) ditujukan untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan (corrupt) pada struktur database accurate Anda yang menyebabkan database accrurate tidak dapat dibuka lagi. Pembuatan data cadangan (Backup) di program accurate dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu :

  • Pembuatan data cadangan secara otomatis. Setiap Anda hendak keluar dari program accurate, maka secara otomatis akan muncul pesan konfirmasi untuk pembuatan data cadangan (backup). Klik Berkas -> Menutup data -> pilih Yes (jika benar tutup). Dan akan muncul pertanyaan apakah mau dibackup maka pilih Yes.

tutup data, accurate, program accurate, accurate medan

backup, data cadangan, accurate, program accurate

  • Pembuatan data cadangan secara manual. Pembuatan data ini dimulai dari : klik Berkas -> cadangan data -> klik tombol titik tiga (ellipsis) -> pilih deirektori pemyimpanan -> lalu OK kan saja.

 

2. Restore Data. Restore data accurate merupakan proses yang memungkinkan Anda untuk membuka data cadangan (file backup) di accurate. Restore data dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengubah file backupan (extension .gbk) menjadi database accurate (extension .gdb). Hal ini harus dilakukan terlebih dahulu dikarenakan program accurate HANYA bisa membuka database yang file nya bersifat -.gdb. Restore data cadangan ini menjadi file accurate yang extension .gdb dapat dilakukan dengan cara :

  • Buka program accurate tampa membuka database.
  • Lalu close jendela tengah yang jendelanya berjudul : “welcome to accurate”
  • Klik menu Berkas -> Pakai data cadangan
  • Pada baris nama Berkas, klik gambar titik tiga (ellipsis) -> cari file backup yang extension .gbk yang terupdate (terkini) -> klik open.
  • Pada baris nama Database, klik gambar titik tiga (ellipsis) -> tentukan lokasi baru untuk penyimpanan database hasil restore -> isikan file namennya (nama baru database .gdb yang akan digunakan selanjutnya) -> klik open -> klik ok -> klik ok.
  • Selanjutnya isikan nama penggunanya dan kata kunci nya, setelah itu Ok kan saja. Setelah selesai Anda sudah berada di dalam database Anda. Selanjutnya Anda akan menggunakan file ini.

Oleh karena pencagahan ini, rata-rata pengguna accurate medan tidak bermasalah lagi dengan databasenya. Penanganan ini bisa dilakukan sendiri. Hal ini lah yang membuat perbedaan program accurate dengan program pembukuan yang lain.

Untuk pemesanan program accurate dan penawaran harga menarik bisa Anda dapat dengan mengisi link : accurate.

 

Close Menu