Prosedur pabrikasi accurate 5 enterprise

Untuk Anda yang punya usaha dibidang produksi, pencatatannya sudah bisa dibantu dengan accurate dekstop yaitu accurate 5 enterprise edition melalui modul manufacturenya. Laporan yang disajikan bisa sampai ke laporan harga pokok produksinya yang tersaji secara real time.

 

Adapun beberapa istilah di dalam alur aktifitas manufacturenya yaitu :

  1. Item standart cost. Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah menentukan Harga Standart Persediaan atas bahan-bahan yang akan Anda gunakan untuk produksi, yang nantinya akan digunakan untuk membuat Bill Of Material.
  2. Standart Conversio Cost. Untuk menetukan besarnya biaya – biaya konversi dalam melaksanakan proses produksi.
  3. Product Category. Tentukanlah kategori produk apa yang akan anda gunakan untuk produksi.
  4. Bill Of Material (BOM). Setelah Anda menentukan ketiga hal di atas, maka Anda dapat membuat suatu formula produk yang berisi bahan-bahan apas aja yang akan Anda butuhkan untuk memproduksi suatu barang.
  5. Sales Order (SO).Pesanan penjualan yang dimaksud disini adalah pesanan penjualan atas barang yang akan Anda produksi, yang telah memiliki formula produk, atau bisa juga yang beum memiliki formula produk, bila pesanan penjualan-nya merupakan Spesial Order.
  6. Person in charge dan Production Department. Kedua hal ini berhubungan dengan Work Order. Persons in charge untuk menentukan siapa saja yang bertanggung jawab atas produksi, dan Production Department untuk menentukan departemen mana saja yang bertanggung jawab atas produksi. Jika kedua hal ini dibuat, maka akan terlihat saat Anda membuat Surat Perinta Kerja (WOE).
  7. Work Order (WO). Setelah membuat Bill Of Material, maka selanjutnya Anda harus membuat Work Order. Untuk membuat Work Order ini Anda juga bisa membuatnya berdasarkan Sales Order.
  8. Work Order Execution (WOE). Work Order Execution dibuat sebagai tanda bahwa produksi telah dilaksanakan.
  9. Material Release. Material Release dibuat sebagai bukti bahwa bahan- bahan untuk produksi telah diambil dari gudang.
  10. Product And Material Result. Formulir ini dibuat untuk mencatat barang yang telah selesai diproduksi atau barang yang ingin dikembalikan lagi ke gudang.

Sudah cukup jelaskan? Untuk informasi lebih lanjut bisa daftarkan diri ke link : Accurate 5 Enterprise.

Close Menu