Cara memeriksa biaya anda pada laporan accurate.

Mengenali dan memeriksa biaya akan membantu pada laporan Accurate akan membantu Anda dalam mempertahankan usaha Anda. Pengendalian biaya yang baik dapat membantu Anda memperbesar laba dengan penjualan yang sama atau bahkan dalam jumlah yang lebih kecil.

Pemeriksaan yang baik terhadap biaya dimulai dengan bagian penjualan pada laporan laba/rugi Anda. Memahami mengapa penjualan terjadi atau tidak terjadi sebgaimana yang direncanakan akan membantu Anda lebih baik dalam memahami kinerja biaya-biaya tersebut di dalam bisnis Anda.

laporan keuangan, program accurate, accurate, program pembukuan

 

Unsur-unsur di dalam laporan laba/rugi yang perlu anda perhatikan yaitu :

Penjualan.

Hasil penjualan atau pendapatan merupakan fungsi dari harga per satuan dikalikan dengan volume satuan. Oleh karena itu peningkatan harga maupun volume satuan akan meningkatkan hasil rupiah penjualan,

 

Harga Pokok Penjualan (HPP)

Hal selanjutnya yang perlu di evaluasi dan diperiksa selain biaya adalah harga pokok penjualan (HPP). Waspadai dengan seksama setiap peningkatan atau penurunan persentase penjualan bersih. Temukanlah sebab-sebab penurunan dan peningkatan tersebut, seperti pembelian barang-barang yang meningkatkan atau menurunkan harga, contohnya biaya pengangkutan yang meningkat, pembusukan/penyusutan persediaan, bahkan pengurangan stok persediaan yang diakibatkan oleh pencurian.

 

Biaya Tetap

Biaya – biaya tetap ini contohnya seperti : biaya sewa, biaya bunga bank, biaya asuransi, penyusutan inventaris, pajak bahkan biaya perizinan. Biaya tetap dapat memberikan keuntungan yang besar dari penjualan yang meningkat daripada biaya langsung penjualan.

 

Biaya langsung

Biaya langsung meliputi : upah, biaya iklan/ promosi, pengiriman dan lain-lain. Dengan berhati-hati dalam menganalisis biaya langsung, Anda dapat menentukan nilainya, apakah biaya-biaya tersebut menciptakan penjualan atau meningkatkan margin. Hal ini sangat penting untuk membuat peramalan, perencanaan produk yang baru, perluasan usaha dan sebagainya.

 

Bagian akhir laporan adalah laba bersih. Laba bersih mungkin terlihat baik, namun demikian mungkin terdapat persoalan yang disebabkan oleh faktor yang lain. Apabila beberapa biaya dikurangi dan margin laba tidak meningkat, berarti telah terjadi sesuatu untuk mengimbangi peningkatan laba.  Hal ini terjadi karena mungkin terdapat persolan pada HPP. Ingatlah bahwa hal ini merupakan uang rupiah yang dikumpulkan dan bukan hasil penjualan yang akan Anda simpan di bank. Telaah lah dengan baik setiap laporan yang disajikan oleh program accurate. Laporan yang disajikan pun itu real time, jadi untuk pengecekannya sudah sangat terbantu.

Close Menu