Rasio Keuangan Yang Disajikan Oleh Program Accurate

Rasio Keuangan merupakan angka banding ketika anda menilai sebuah perusahaan yang biasa dikaji dari hasil laporan keuangan yang disajikan oleh program accurate. Rasio merupakan alat yang penting untuk mengukur perkembangan suatu usaha dan untuk membandingkan suatu usaha dengan para pesaingnya.

 

accurate, program accurate, rasio keuangan

 

 

Ada 5 (Lima) aturan dasar dalam rasio keuangan yaitu :

1. Dalam menentukan perubahan persentase pastikan Anda sudah mengetahui basisnya. Contohnya : penjualan Anda meningkat sebesar 25% dibulan pertama pada tahun tertentu dan 37% pada bulan kedua. Perhitungan persentase nya yaitu : peningkatan aktualnya yaitu 12 yang didapat dari selisih bulan pertama dan bulang kedua. Kita ambil angka pembanding 100 maka persentase pada bulan kedua yaitu : 12/125 = 0,096 (125 didapat dari angka pembanding + 25 karena perhitungannya pada dalam tahun yang sama). Maka persentase yang sebenarnya adalah 9,6%.

2. Pada saat membandingkan suatu bagian dengan keseluruhannya, seperti laba bersih dibandingkan dengan penjualan dimana bagian keseluruhan tersebut selalu menjadi basis.

3. Persentase dapat meningkat lebih dari 100% tetapi tidak dapat menurun lebih dari 100%. Ilustrasinya : Anda dapat melipatgandakan uang Anda sebanyak 200% tetapi Anda hanya bisa rugi sebesar 100% saja.

4. Untuk menganalisis rasio tidak perlu data terperinci atau mendetail.

5. Rasio akan membantu Anda dalam membuat keputusan namun tidak membuat keputusan untuk Anda.

 

Adapun jenis rasio keuangan yaitu :

1. Rasio Likuiditas, yang digunakan untuk mengukur jumlah uang yang tersedia untuk membayar biaya-biaya jangka pendek maupun jangka panjang. Rasio ini menjaga agar perusahaan dapat tetap berjalan.

2. Rasio Profitibilitas, yang digunakan untuk megukur dan membantu mengendalikan pendapatan dengan cara memperbesar penjualan, memperbesar margin, mendapatkan manfaat yang lebih besar dari pengeluaran biaya-biaya.

3. Rasio Efisiensi, yang digunakan untuk mengukur dan membantu mengendalikan operasi perusahaan. Rasio ini melengkapi rasio-rasio lainnya untuk membantu Anda meningkatkan pendapatan dengan menilai transaksi-transaksi penting seperti penggunaan pinjaman, pengendalian persediaan, dan aset.

4. Rasio Pasar, yang digunakan oleh investor untuk menentukan apakah ia membeli saham sebuah perusahaan atau tidak.

Semua ini bisa tersaji didalam program Accurate yang terlampir dari hasil laporan keuangannya. Begitu ada transaksi, laporan langsung terjasi secara real time dan akurat.

 

Close Menu