KONTRAKTOR BERJALAN DENGAN SOFTWARE AKUNTANSI

Proyek, Software akuntansi, program, bangunan,

Mudahnya mendirikan badan usaha di Indonesia telah dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk mendirikan perusahaan sebagai kendaraan untuk bergerak di lintasan bisnis terutama pada bidang jasa konstruksi. Dalam bisnis jasa konstruksi, kegiatan utamanya adalah menyediakan layanan jasa pelaksanaan konstruksi. Pelaku bisnis jasa pelaksanaan konstruksi yang berada di Indonesia  lebih dikenal dengan sebutan “kontraktor” atau “penyedia barang/jasa”.

Kontraktor adalah perusahaan yang melakukan kontrak kerja dengan orang atau perusahaan lain untuk memasok barang atau menyelesaikan jasa tertentu. Bidang kerjanya mungkin pembangunan gedung, pembuatan jalan raya, pembangunan instalasi listrik, dan penyediaan ribuan generator.

Sistem kontraktor adalah suatu penawaran yang telah diterima  dan juga telah diberikan surat penunjukan serta telah mendatangani surat perjanjian pemborong kerja dan pemberi tugas yang berhubungan dengan pekerjaan proyek tersebut.

Tugas dan tanggungjawab seorang kontraktor didasarkan pada pemilik proyek ataupun owner, kontraktor juga akan diawasi oleh tim pengawas yang telah dipekerjakan oleh pemilik (owner). Kontraktor dan berkonsultasi dengan pengawas dan pemilik jika terjadi masalah  dalam pelaksanaan proyek, sebelumnya dalam pelaksanaan proyek harus disetujui menurut RAB yang telah disepakati oleh berbagai pihak.

Adapun tugas dan tanggung jawab dari pada kontraktor adalah :

  1. Pekerjaan pelaksanaan konstruksi harus sesuai dengan peraturan dan spesifikasi yang telah direncanakan dalam kontrak perjanjian pemborong.
  2. Laporan kemajuan pelaksanaan proyek (progress) dalam halnya laporan harian, mingguan, bulanan kepada pemilik proyek diantaranya adalah :
  • Pelaksanaan Pekerjaan
  • Kemajuan kerja yang telah tercapai
  • Jumlah tenaga kerja yang telah digunakan
  • Pengaruh alam seperti cuaca dsb.
  1. Terlaksananya schedule kerja sesuai rencana
  2. Menyediakan tenaga kerja dan bahan
  3. Menjaga seluruh alat yang berhubungan dengan pelaksanaan

Untuk melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab tersebut bukanlah mudah, karena harus membuat laporan yang harus dilaporkan, apabila laporan tersebut terlambat dilaporkan, maka akan dianggap pelaksanaan pekerjaan tersebut sangatlah lama dan pekerjaan tidak sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Maka untuk itu kami menawarkan Accurate  yaitu Software Akuntansi yang siap membantu anda kapanpun anda perlukan, karena accurate membantu anda menyajikan setiap laporan yang anda perlukan seperti laporan berapa persen pekerjaan yang telah diselesaikan, bahan dan material yang digunakan, berapa biaya untuk tenaga kerja dan semua laporan sudah dikalkulasikan secara realtime.

Untuk apa menunggu lama apabila pengelolaan data yang cepat sudah didepan mata

Beralih lah ke yang lebih mudah yaitu “ACCURATE”.

RAB, Material, kontraktor, pembukuan akuntansi

Close Menu