Kegunaan pencatatan SN pada accurate

Ada pernah melihat kolom SN di dalam faktur penjualan program accurate? Biasanya letaknya dibagian pencarian barang di sebelah kanan ujung yang berbentuk bar.

Serial number merupakan kode unik untuk karakteristik barang, tidak sama dengan kode barang. Contohnya serial number itu disamakan dengan no IMEI yang ada pada handphone. Tapi sebenarnya serial number itu ada 2 jenis yaitu Kode Produksi dan Kode Unik.

– Kode Produksi

Kode Produksi merupakan serial number untuk beberapa kuantitas barang pada satu jenis barang. Kode produksi ini bisa kita lihat dari kode barcode untuk aqua cup dimana dalam satu kali produksi no barcode nya sama. Biasanya kode produksi ini disamakan dengan no branch.

 

– Kode Unik

Kode Unik merupakan serial number untuk satu kuantitas dan satu jenis barang. Salah satu contohnya yah no IMEI tersebut. Kode unik sering juga disebut dengan kode mesin.

 

Adapun pencatatan serial number ini bisa diaplikasi di dalam program accurate dengan mengaktifkan terlebih dahulu modul serial numbernya pada barang yang ingin dipakaikan serial number. Lalu setelah itu saat pengisian serial number, input lah kode nya. Jika jenis serial number yang dipilih adalah kode unik maka perlakuannya hanya perlu mengisi kode uniknya saja. Namun jika jenis serial number yang dipilih jenisnya adalah kode produksi maka pencatatannya selain harus membuat kodenya disebelah kanannya diminta untuk input kuantitasnya. Artinya berapa banyak kuantitas yang memiliki kode yang sama yang telah kita inputkan kodenya. Pencatatan ini diberlakukan saat barang masuk.

 

Untuk pengeluaran barangnya atau biasanya untuk aktivitas penjualan di dalam program accurate, setelah kita pilih nama barangnya, masuk ke kolom SN nya yang sebelah kanan, kita double klik maka akan muncul 1 ( satu ) jendela serial number dimana nanti kita pilih serial number dari serial number yang tersedia yang mau akan dikeluaran. Khusus untuk serial number yang jenisnya kode produksi, saat serial numbernya dipilih, dia akan minta jumlah kuantitas yang mau dikeluarkan. Bisa dikatakan dengan satu kode produksi, diatur juga kuantitas yang masuk dan keluarnya.

 

Di accurate 5 akan disediakan laporan barang dengan serial number yang tersedia bahkan juga disediakan laporan serial number yang sudah keluar. Jadi barang pun bisa terkontrol.

Close Menu