Metode Pembukuan Pada Pembelian Barang & Jasa

Barang, pembelian, stok, mobil, pengangkutan

Perkembangan kehidupan manusia saat ini sangat tinggi, yang ditunjang oleh berbagai aspek diantaranya teknologi, ekonomi, hiburan, dan lain-lain, memaksa setiap orang yang berkecimpung dalam bidangnya untuk terus mengembangkan diri mengikuti perkembangan zaman agar dapat terus bersaing dalam kehidupan. Manusia maupun perusahaan harus melakukan suatu tindakan yang sesuai agar dapat bersaing. Tindakan yang akan diambil oleh manusia maupun perusahaan memerlukan adanya informasi yang mendukung, agar tindakan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Informasi dibutuhkan untuk mengurangi hal ketidakpastian di dalam proses pengambilan keputusan tentang suatu keadaan. Kualitas dari suatu informasi tergantung pada tiga hal pokok yaitu keakuratan, tepat waktu dan relevan.

Konsolidasi adalah penggabungan antara dua database accurate yang biasanya dilakukan oleh database cabang ke database pusat. Pada program ACCURATE dilakukan hanya untuk melihat laporan keuangan dari gabungan dua database. Sebuah perusahaan yang melakukan proses jual – beli barang, tentunya melakukan proses pengolahan data agar dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Pengolahan data yang berjalan saat ini bertujuan untuk menghasilkan informasi dan laporan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang. Laporan yang dihasilkan dari proses pengolahan data yang saat ini berjalan diantaranya berupa laporan pembelian barang dan laporan penjualan barang. Proses pengolahan data yang dilakukan oleh karyawan saat ini, masih memiliki beberapa kekurangan, diantaranya terjadi keterlambatan dalam menghasilkan laporan, terjadi kesalahan data yang menyebabkan informasi yang dihasilkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada pada laporan yang salah satu penyebab terjadinya kesalahan pengolahan data adalah karena untuk setiap proses pengolahan data seperti data datang barang, data barang gudang dan data penjualan barang menggunakan data yang terpisah sehingga sering terjadi perbedaan data. Penyampaian informasi dapat dituangkan ke dalam bentuk laporan, sehingga semua pihak dari berbagai kalangan yang berkepentingan dapat memperoleh manfaat dari penyampaian tersebut.

Pembelian digunakan untuk melaksanakan pengadaan barang kebutuhan perusahaan. Jaringan prosedur yang membentuk sistem akuntansi pembelian adalah prosedur permintaan pembelian, prosedur permintaan penawaran harga dan pemilihan pemasok, prosedur order pembelian, prosedur penerimaan barang, prosedur pencatatan utang dan prosedur distribusi pembelian.

Pada sistem pembelian umumnya diperlukan informasi-informasi sebagai berikut :

  1. Jumlah barang yang harus dipesan.
  2. Jumlah order pembelian yang diterbitkan setiap periode.
  3. Barang yang diorder yang belum diterima barangnya.
  4. Jumlah hutang yang akan jatuh tempo (0-30, 31-60, 61-90, lebih 90hari).
  5. Informasi pembelian berdasarkan barang, supplier, maupun faktur atau urutan pembelian.
  6. Informasi hutang berdasarkan supplier, maupun urutan pembayaran hutang.

Bukti-bukti yang umum ada dalam transaksi pembelian :

  1. Permintaan pembelian
  2. Purchase Order
  3. Surat Jalan
  4. Bukti Penerimaan Barang
  5. Faktur Pembelian

Sebuah sistem informasi pada suatu perusahaan umumnya memiliki aktivitas-aktivitas sebagai berikut :

  1. Permintaan pembelian dari bagian yang membutuhkan, misalnya bagian gudang.
  2. Pemesanan barang ke suplier oleh bagian pembelian.
  3. Penerimaan barang dan dokumen dari supplier.
  4. Pencatatan barang masuk.
  5. Pencatatan pembayaran jika pembelian dilakukan secara tunai
  6. Pembayaran hutang jika pembelian dilakukan secara kredit.

Untuk pencatat semua operasional perusahaan tersebut, maka kami menawarkan Accurate yang dapat menyelesaikan setiap masalah anda. Agar semua laporan dapat tercatat rapi, maka harus menggunakan accurate disetiap transaksi anda, maka informasi tentang perusahaan anda dapat secara realtime anda ketahui, tidak harus menuggu lama karena accurate siap untuk melayani anda.

permintaan barang, pembelian, stok, accurate, software accounting, retur pembelian, faktur

 

Close Menu