Penerimaan Kas Yang Memadai Membantu Meningkatkan Perusahaan

Uang, kas, penerimaan kas, cash, menghitung uang, software akuntansi, accurate

Perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya bertujuan untuk menghasilkan laba. Kegiatan perusahaan selain harus didukung oleh produktivitas karyawan dalam melaksanakan tugas-tugasnya, juga harus didukung oleh sistem dan standar operasional yang baik sehingga tujuan – tujuan perusahaan dapat tercapai dan terpenuhi. Beragamnya jenis usaha membuat masing-masing perusahaan memiliki kebijakan tersendiri atas pengorganisasian pada perusahaan dan pengelolaan atas kekayaan dan kewajiban. Masing-masing perusahaan memiliki ketentuan tersendiri atas kebijakan transaksi keuangan yang terjadi, terutama untuk penerimaan kas, yang menurut perusahaan tersebut paling cocok bagi usahanya.

Penerimaan kas merupakan kas yang diterima oleh perusahaan baik berupa uang tunai maupun surat – surat berharga yang mempunyai sifat dapat segera digunakan, yang berasal dari transaksi perusahaan maupun penjualan tunai, pelunasan piutang atau transaksi lainnya yang dapat menambah kas perusahaan.

Perkembangan usaha yang semakin besar membuat semakin kompleksnya pengaturan pada perusahaan. Salah satunya ialah tidak menyeluruhnya pengawasan yang dilakukan oleh pihak manajemen terhadap aktivitas keuangan perusahaan. Transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan salah satunya ialah penerimaan kas. Perusahaan menerima kas terutama melalui pejualan produk/jasa, melalui penjualan asset lain, melalui pinjaman dan melalui penerimaan kas dari penanaman modal pemilik perusahaan. Sistem akuntansi penerimaan kas harus mempunyai pengendalian yang baik.

Hal ini dikarenakan dalam melaksanakan usahanya perusahaan tidak terlepas dari kas.  Prosedur yang baik dalam penerimaan kas sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kepentingan perusahaan serta untuk mengetahui laba yang diperoleh perusahaan secara keseluruhaan. Kesalahan atau penyimpangan terhadap saldo kas umumnya terjadi dikarenakan sistem akuntansi yang diterapkan perusahaan tidak tepat dan kurang memadai. Jumlah aliran kas ke dan dari akun kas biasanya lebih besar dari akun lainnya dalam laporan keuangan. Terlebih lagi kas lebih mudah menjadi objek pencurian dibandingkan jenis aset lainnya.

Hal ini menjadi masalah tersendiri apabila tidak terdapat pengendalian dan pengawasan yang memadai di perusahaan. Pengendalian terhadap penerimaan kas diharapkan memudahkan manajemen dalam pengawasan terhadap arus kas masuk yang terjadi karena aktivitas dan transaksi bisnis yang terjadi di perusahaan.

Agar sistem penerimaan kas anda dapat dikendalikan dan diawasi dengan baik, kami menawarkan accurate yang dapat menginput transaksi penerimaan kas anda, baik mulai dari penerimaan dari penjualan tunai, penerimaan piutang dll. Anda akan dapat real time melihat saldo kas anda, anda dapat melihat laporan penerimaan kas perhari, perminggu, perbulan, bahkan pertahun, karena accurate dapat menyajikan secara realtime sesuai keinginan anda. Dan apabila pembukuan yang dilakukan memadai, maka tidak akan terjadi kecurangan akibat transaksi yang salah, karena accurate siap membantu.

accurate, program accounting, pembukuan akuntansi, software accounting

Close Menu