Harga Perolehan Aktiva Tetap

aktiva tetap, aktiva, accurate, kendaraan, rumah, bangunan, fixed asset, aset, harta

Secara umum tujuan utama didirikannya sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang optimal atas investasi yang telah ditanamkan dan dapat mempertahankan kelancaran usaha dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu investasi tersebut adalah aktiva yang digunakan dalam kegiatan normal perusahaan yaitu aktiva yang mempunyai umur ekonomis lebih dari satu tahun. Untuk mencapainya diperlukan pengelolaan  yang efektif  dalam penggunaan, pemeliharaan maupun pencatatan akuntansinya.

Aktiva tetap adalah kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yang dimana kekayaan tersebut didapatkan dalam bentuk siap pakai atau telah dibangun terlebih dahulu, sifatnya permanen dan dapat digunakan dalam kegiatan normal perusahaan untuk jangka waktu yang relatif panjang serta memiliki nilai cukup material.

Aktiva tetap merupakan aktiva yang digunakan berulang kali biasanya diharapkan dapat dipakai dalam waktu lebih dari satu tahun. Dalam memperoleh aktiva tetap perusahaan mendapatkan dengan cara yaitu dengan pembelian tunai, pembelian kredit atau angsuran, tukar tambah, hadiah atau donasi, membuat sendiri atau ditukar dengan surat-surat berharga. Untuk itu hal-hal yang menyangkut aktiva tetap mulai dari harga perolehan, beban penyusutan, biaya selama masa perolehan dan penyajiannya pada laporan keuangan harus diperhatikan dengan cermat.

Masalah utama dalam aktiva tetap adalah penentuan harga perolehan aktiva tetap pengeluaran-pengeluaran selama masa penggunaan aktiva tetap, penyusutan aktiva tetap, penghentian aktiva tetap, dan penyajian aktiva tetap didalam laporan keuangan sangat lah penting. Dan masing-masing cara perolehan aktiva tetap itu mempengaruhi penentuan harga perolehan.

Jadi untuk perhitungan harga perolehan , penyusutan, penghentian aktiva tetap harus dihitung dengan cermat, agar tidak ada kesalahan karena kita harus tahu pasti berapa nilai aktiva tetap kita setelah dikurangi penyusutan. Untuk perhitungan yang masih manual pasti akan terkendala dalam perhitungannya. Dan juga perhitungan yang sangat lambat. Untuk solusi permasalahan pada aktiva tetap, kami menawarkan ACCURATE yaitu software akuntansi untuk mendaftarkan aktiva tetap, dan dapat melakukan penyusutan perbulan secara otomatis, dan aktiva tetap dapat diberhentikan secara otomatis apabila aktiva tersebut ingin dijual atau tidak ingin dipakai lagi sehingga akan memunculkan nilai perolehan yang pasti.  Dan akan lebih memudahkan anda dalam perhitungan laporan keuangan, karena nilai aktiva tetap yang anda dapatkan sudah real dan otomatis.

kendaraan, mobil. barang-barang, rumah, kantor, bangunan, accurate, software accounting, aktiva tetap, aset

Tinggalkan Balasan

Close Menu