Laporan Keuangan Cepat, Akurat & Relevan

laporan keuangan,laba/rugi, pencatatan keuangan,software akuntansi, accurate

 

Situasi ekonomi yang ditandai sebagai persaingan global sekarang ini sangat mempengaruhi kelangsungan suatu perusahan. Perusahaan harus mampu menjaga kelangsungan usahanya dan mampu memenangkan persaingan dengan perusahaan lain. kemampuan perusahaan dalam menjaga  kelangsungan usahanya dan dalam memenangkan setiap persaingan sangat dipengaruhi oleh kondisi keuangan perusahaan yang bersangkutan. Alat yang sering digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan adalah laporan keuangan.

Laporan keuangan adalah catatan tentang keuangan suatu perusahaan  yang  menunjukkan kegiatan perusahaan yang nantinya akan mengetahui Laba atau rugi suatu usaha. Perlunya dilakukan laporan keuangan adalah untuk mengontrol keuangan perusahaan agar tahu posisi setiap keuangan yang dipunyai oleh perusahaan. Setiap perusahaan baik usaha kecil sampai usaha besar harus bisa mengontrol laporan keuangan, agar tidak terjadi kelalaian dalam keuangan perusahaannya.

Tujuan Laporan keuangan adalah :

  1. Menyajikan posisi keuangan, hasil usaha dan perubahan posisi keuangan.
  2. Memberikan informasi tentang kekayaan, kewajiban, kekayaan bersih, proyeksi laba, perubahan kekayaan serta informasi lainnya yang relevan.
  3. Sebagai penilaian kemampuan perusahaan dalam bahan pertimbangan suatu pengambilan keputusan.

Unsur – unsur laporan keuangan yaitu :

  1. Unsur posisi keuangan

Unsur ini berkaitan langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aktiva , kewajiban dan ekuitas. Masing – masing unsur yang berkaitan dengan posisi keuangan tersebut didefenisikan sebagai berikut.

  • Aktiva

Aktiva adalah sumber daya yang dikuasai perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan diharapkan akan memberi manfaat ekonomi bagi perusahaan di masa depan.

  • Kewajiban

Kewajiban merupakan utang perusahaan masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, misalnya dari pihak ketiga baik berupa uang, barang  atau jasa.

  • Ekuitas

Ekuitas adalah hak milik  atas harta  perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban yaitu setoran pemilik atau yang disebut modal pemilik.

  1. Unsur kinerja keuangan

Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran kinerja perusahaan disajikan pada laporan keuangan yang disebut laporan laba/rugi. Masing-masing unsur yang berkaitan dengan kinerja perusahaan tersebut didefenisikan sebagai berikut :

  • Pendapatan (income)

Pendapatan  adalah jumlah penghasilan yang diterima dalam bentuk pemasukan dan penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas

  • Beban (Expense)

Beban adalah pengurangan penghasilan dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas.

Jadi, sebagai pemilik usaha, anda harus bisa untuk mengontrol laporan keuangan anda. Pencatatan laporan keuangan yang masih manual itu mengakibatkan proses lama dan kemungkinan kesalahaan perhitungan karena masih manual, untuk itu kami disini menawarkan ACCURATE yang dikenal sebagai software akuntansi, yang secara real time dapat menyediakan laporan keuangan yang cepat, dan relevan  sesuai dengan keinginan anda. Maka anda tidak akan menunda pekerjaan anda, karena accurate siap membantu anda untuk menyelesaikannya

accurate, software akuntansi, pembukuan akuntansi

Tinggalkan Balasan

Close Menu