Penyesuaian persediaan ACCURATE 5

Cara melakukan penyesuaian persediaan ACCURATE 5

berikut langkah-langkah penyesuaian persediaan di ACURATE 5:

Persediaan barang riil kurang dari persediaan di ACCURATE/ Mengurangi kuantiti
  1. Pilih menu Activities | Inventory | Inventory Adjustment
  2. Set tanggal pertanggal Adjustment yang dimaksud
  3. Adjustment Account dipilih ke Account LAWAN dari akun Persediaan atas item yang sedang di Adjust. Misal ke Biaya atau ke HPP
  4. Value Adjustment, jangan di centang.
  5. ilih Item, maka CurrentQty otomatis akan muncul Qty per tanggal Adjustment yang dipilih diatas.
Contoh:
CurrentQty = 10(Ini adalah jumlah kuantiti dari keseluruhan Gudang bagi yang menggunakan fitur Multi warehouse). Setelah dicocokan dengan stok riil, terjadi selisih kurang barang sejumlah 3 biji, maka isikan jumlah NewQty dengan 7 (10-3). Jadi NewQty=CurrentQty-Qty yang akan dikurangi.
Catatan:

Untuk sistem dengan Multi Warehouse, jika lokasi barang yang ingin dikurangi adalah di Gudang A, maka dibagian Gudang pilih Gudang A, sehingga kuantiti barang di Gudang A akan berkurang 3 kuantitinya.

Persediaan barang riil lebih besar dari persediaan di ACCURATE / Menambah kuantiti
  1. Pilih menu Activities | Inventory | Inventory Adjustment
  2. Set tanggal pertanggal Adjustment yang dimaksud
  3. Adjustment Account dipilih ke Account LAWAN dari akun Persediaan atas item yang sedang di Adjust. Misal ke Biaya atau ke HPP.
  4. Centang opsi Value Adjustment
  5. Pilih Item, maka pada CurrentQty akan muncul Qty per tanggal Adjustment yang dipilih diatas secara otomatis.
Contoh:
CurrentQty = 10 pcs dengan CurrentValue Rp. 10.000.000,- (Ini adalah jumlah kuantiti dan nilai dari keseluruhan Gudang bagi yang menggunakan fitur Multi warehouse).
Setelah dicocokan dengan stok riil, ternyata barang lebih banyak sejumlah 3 biji dengan total nilai Rp. 3.000.000,-. Maka, isikan jumlah NewQty dengan 13 (10+3). dan NewValue = Rp. 13.000.000,- (Rp. 10.000.000,- + Rp. 3.000.000,-).
Jadi NewQty=CurrentQty + Qty yang akan ditambahkan, dan NewValue=CurrentValue + Value
Catatan:
  • Untuk sistem dengan Multi Warehouse, jika lokasi barang yang ingin dikurangi adalah di Gudang A, maka dibagian Gudang pilih Gudang A, sehingga kuantiti barang di Gudang A akan bertambah 3 kuantitinya.
  • Jika Value barang tersebut adalah Rp. 0,- ,fitur Inventory Adjustment tidak dapat digunakan. untuk menambahkan kuantiti tersebut, kita dapat menggunakan menu Activities | Purchase | Purchase Invoice. Untuk supplier dapat digunakan nama siapa saja atau buat baru dengan nama Adjustment, kemudian pilih item yang diinginkan dan masukkan kuantiti sebanyak yang diinginkan (dalam contoh diatas adalah 3) dan masukkan unit price Rp. 0,-.

Tinggalkan Balasan

Close Menu